Kamis 01 Mar 2018 05:00 WIB

Rusia Pemilik Emas Terbesar Kelima Dunia

Rusia meningkatkan kepemilikannya setiap bulan sejak Maret 2015.

Tambang Emas, Ilustrasi
Tambang Emas, Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW --  Rusia menjadi pemilik emas terbesar kelima di dunia, setelah Bank Sentral Rusia (CBR) meningkatkan kepemilikan emasnya sebanyak 20 metrik ton menjadi 1.857 ton bulan lalu. Negara ini telah meningkatkan kepemilikannya setiap bulan sejak Maret 2015.

Menurut saluran berita Russia Today (RT), CBR telah meningkatkan cadangan emas negara tersebut guna memenuhi target yang ditetapkan Presiden Vladimir Putin untuk membuat Rusia tidak terlalu rentan terhadap risiko geopolitik. Amerika Serikat masih merupakan pemilik emas terbesar di dunia, dengan menguasai 8.134 ton, yang sebagian besar disimpan di Fort Knox.

Jerman berada di posisi kedua dengan 3.374 ton. Diikuti Dana Moneter Internasional (IMF) yang memiliki 2.814 ton emas di tempat ketiga, dan Prancis pemegang emas terbesar keempat.

Rusia juga merupakan penghasil logam mulia terbesar ketiga. Russia Today mengatakan pemerintah telah membeli dua pertiga dari semua tambang emas di negara tersebut karena Kremlin melihat emas sebagai tempat yang aman pada saat terjadi gejolak geopolitik.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement