Kamis 01 Mar 2018 12:56 WIB

Rencana Transportasi Ambisius Wali Kota London

80 persen perjalanan di London akan dilakukan dengan jalan kaki dan bersepeda.

Bus tanpa pengemudi di London.
Foto: Mashable
Bus tanpa pengemudi di London.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Wali Kota London Sadiq Khan pada Rabu (28/2) menetapkan rencana ambisius untuk meningkatkan transportasi di kota tersebut selama 25 tahun ke depan.

Strategi transportasinya akan bertindak sebagai tulang punggung perencanaan transportasi di seluruh London. Rencana itu diajukan kepada Majelis London untuk dipertimbangkan sebelum akhirnya diberlakukan dalam beberapa pekan ke depan.

Itu akan membantu menyalurkan ambisi Khan bagi 80 persen perjalanan di London akan dilakukan dengan jalan kaki, naik sepeda atau penggunaan angkutan umum sampai 2041. Strategi tersebut meliputi penanaman modal yang tak terjadi sebelumnya pada layanan baru bus dan kereta yang ditingkatkan, pemusatan perhatian pada jalan kaki dan bersepeda, dan komitmen membuat seluruh sistem transportasi nol-buangan gas sampai 2050.

Akan ada layanan kereta tabung dan mengisyaratkan pemberian layanan yang lebih sering dan dapat diandalkan, taksi dan bus baru ramah lingkungan, penyeberangan sungai baru dan perubahan jalan di London untuk membuat berjalan kaki, bersepeda dan menggunakan angkutan umum menjadi pilihan paling menarik dan praktis buat warga London.

photo
Cahaya dari bus yang melintas di depan Big Ben dan Houses of Parliament di London, November 17, 2011.

Selama 20 tahun ke depan, strategi itu akan menyaksikan miliaran dolar ditanam dalam penyediaan jalan yang sehat di seluruh permukiman London. Strategi tersebut juga akan membantu menghilangkan keperluan orang melakukan perjalanan dengan naik mobil dan membuat berjalan kaki, bersepeda dan menggunakan angkutan umum jadi lebih aman dan lebih mudah, serta membantu meningkatkan gaya hidup aktif yang lebih sehat.

Strategi itu akan meliputi rancangan perubahan utama di Oxford Street, yang terkenal di London dan Old Street di London Tengah, serta ratusan rancangan berjalan kaki dan bersepeda di seluruh bagian dalam dan luar London untuk membantu makin banyak perjalanan menjadi aktif, efisien dan berkelanjutan.

photo
Wali Kota London, Sadiq Khan

Rencana tersebut bertujuan secara dramatis meningkatkan kualitas udara di seluruh London dan membuat London jadi kota nol-buangan gas. "Dengan pusat perhatian kami yang tak pernah terjadi sebelumnya pada berjalan kaki, bersepeda dan ankutan umum yang bersih, program ambisius kami --Transport Strategy-- dapat bertindak sebagai pengendali penting buat pekerjaan dan rumah baru, tapi juga meningkatkan kualitas kehidupan buat setiap orang yang tinggal di London," kata Khan.

Laporan tersebut juga mengungkapkan rencana Khan bagi nol-pendekatan buat orang yang meninggal atau luka serius dalam kecelakaan di jalan di London. Pendekatan Visi Nol Khan bagi kecelakaan jalan berlaku untuk semua sistem angkutan, dan akan bertujuan agar tak seorang pun terbunuh di atau oleh bus London sampai 2030. Selain itu, semua kematian atau cedera serius akibat tabrakan kendaraan akan dihapuskan dari jalan London pada 2041. Strategi transportasi wali kota itu akan dibahas oleh Majelis London pada 8 Maret.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement