Selasa 20 Mar 2018 15:56 WIB

Badak Putih Jantan Utara Terakhir Mati

Badak Putih adalah salah satu dari sedikit spesies mega fauna yang tersisa.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Badak putih utara yang hampir punah
Foto: Google
Badak putih utara yang hampir punah

REPUBLIKA.CO.ID,SUDAN -- Badak putih jantan utara terakhir yang masih hidup di dunia telah meninggal setelah berbulan-bulan sakit, kata pengasuhnya. Badak putih jantan utara bernama Sudan itu telah berusia 45 tahun.

Sudan, yang tinggal di Ol Pejeta Conservancy di Kenya, ditidurkan Senin setelah komplikasi yang berkaitan dengan usia, seperti dilaporkan BBC, Selasa (20/3).

Kematiannya pada usia 45 tahun meninggalkan hanya dua betina dari subspesies ini yang hidup di dunia. Harapan untuk melestarikan badak putih utara sekarang terletak pada pengembangan in vitro fertilization (IVF) teknik.

"Dengan sangat sedih, Ol Pejeta Conservancy dan Kebun Binatang Dvr Krlov mengumumkan bahwa Sudan, badak putih utara terakhir jantan, berusia 45 tahun, meninggal di Ol Pejeta Conservancy di Kenya pada 19 Maret 2018 (kemarin)," cuitan Twitter @olpejeta.

Badak Putih (Ceratotherium simum) adalah salah satu dari lima spesies badak yang masih ada dan salah satu dari sedikit spesies mega fauna yang tersisa. Binatang ini adalah binatang darat besar yang masih ada di dunia setelah gajah, bersama dengan badak India dan kuda nil. Sebaran badak ini berada di wilayah Afrika Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement