Jumat 23 Mar 2018 11:36 WIB

Pemerintah Korsel Matikan Komputer Karyawan agar tak Lembur

Korea Selatan merupakan negara yang memiliki waktu bekerja paling lama di dunia.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Nur Aini
Menatap layar komputer (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menatap layar komputer (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Pemerintah Korea Selatan memperkenalkan sebuah program baru untuk membuat para karyawan di negara tersebut tidak lagi bekerja lembur. Caranya adalah mematikan seluruh komputer tepat pukul 20.00 setiap Jumat.

Dilansir di BBC, Korea Selatan diketahui sebagai negara yang memiliki waktu bekerja paling lama di dunia. Pegawai pemerintahan di negara tersebut bekerja rata-rata 2.739 jam per tahun, angka tersebut 1.000 jam lebih lama daripada pekerja yang berada di negara lainnya.

Untuk melaksanakan program tersebut, Pemerintah Korea Selatan akan memulainya dengan tiga tahap dalam waktu tiga bulan ke depan. Program tersebut akan dimulai pada 30 Maret 2018 dan seluruh komputer dimatikan pada pukul 20.00.

Tahapan kedua dimulai pada April 2018 yakni mematikan komputer pada pukul 19.30 pada Jumat di pekan kedua dan keempat. Sedangkan pada Mei 2018, program tersebut akan dilakukan setiap pekan dengan mematikan komputer pukul 19.00 tiap Jumat.

"Seluruh pegawai akan mengalami hal tersebut, meskipun pengecualian dapat diberikan dalam keadaan khusus," kata perwakilan Seoul Metropolitan Government (SMG).

Sebelumnya, majelis nasional Korea Selatan mengesahkan undang-undang untuk megurangi jam kerja mingguan. Awalnya, jam kerja maksimal adalah 68 jam per minggu, kemudian menjadi 52 jam per minggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement