Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Video Singkat Gajah 'Merokok' Kejutkan Pakar Satwa Liar

Ahad 01 Apr 2018 13:46 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah

Gajah 'merokok'

Gajah 'merokok'

Foto: BBC
Belakangan diketahui gajah betina ternyata memasukan kayu arang ke mulutnya.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Video singkat yang menampilkan seekor gajah yang seolah sedang 'merokok' mengejutkan pakar satwa liar. Tayangan tersebut juga menjadi viral di media sosial.

Gajah itu adalah penghuni hutan Nagarhole di negara bagian Karnataka di India. Meski diabadikan 2016 silam, video berdurasi 48 detik itu masih menjadi bahan perbincangan.

Tayangan diambil oleh ilmuwan dari organisasi konservasi Wildlife Conservation Society (WCS) India. Mereka tak sengaja melihat si gajah saat memonitor populasi satwa.

Klip video menunjukkan si gajah mengambil sesuatu dari tanah, memasukkannya ke mulut, kemudian mengepulkan asap. Ia terlihat melakukannya dengan sangat santai. "Ini adalah dokumentasi visual pertama mengenai perilaku tak biasa dari seekor gajah," kata Vinay Kumar, asisten direktur WCS yang merekam video.

Kumar mengatakan, video diambil pada pagi hari. Belakangan, ia mengetahui bahwa sesuatu yang dimasukkan dalam mulut si gajah betina itu adalah kayu arang.

Pakar satwa liar belum dapat mengetahui alasan pasti mengapa gajah mengonsumsi kayu arang. Beberapa berargumen bahwa si gajah mencoba mengambil manfaat dari kayu itu.

Meski minim kandungan nutrisi, kayu tersebut bisa berfungsi sebagai pencahar. Kayu tersebut juga berguna sebagai obat untuk luka bakar atau akibat sambaran petir. "Kayu arang secara tradisional digunakan untuk kebersihan gigi di India. Setelah video diputar, ada juga beberapa spekulasi bahwa gajah itu sedang berusaha menyembuhkan sakit gigi," kata Kumar, dikutip dari Times of India.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA