Jumat 06 Apr 2018 04:44 WIB

Gempa Bumi Guncang Los Angeles AS

Gempa 5,3 SR disebut sebagai salah satu yang terkuat di Los Angeles

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Nur Aini
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Gempa bumi berkekuatan 5,3 SR mengguncang California Selatan. Gempa ini disebut sebagai salah satu gempa terkuat yang pernah terjadi di Los Angeles, tepatnya di dekat Pulau Channel.

Meski tidak ada laporan kerusakan, gempa tersebut tetap saja dirasakan di wilayah lainnya. Bagian negara California itu memang dikenal sebagai negara gempa.

Dilansir dari LA Times, lokasi gempa berada di sekitar 23 mil dari Pulau Channel dan 85 mil sebelah barat Los Angeles. Gempa besar terakhir yang pernah melanda wilayah Pulau Channel terjadi pada 1981 dengan kekuatan 6 SR.

"Gempa berasal di dekat zona patahan basin Santa Cruz timur. Gempa pernah terjadi di lokasi yang sama," ujar pakar seismolog Caltech, Egill Hauksson.

Gempa yang terjadi kali ini disebut Hauksson bisa saja memicu gempa besar lainnya. Namun, potensi gempa itu juga bisa berkurang seiring berjalannya waktu.

"Gempa terjadi di sepanjang sistem patahan. Gesekan antarpatahan ini menggerakkan California Selatan mendekat ke sekitar patahan San Andreas," ujar seismolog Lucy Jones.

Gempa terakhir di LA yang dirasakan dampaknya secara luas terjadi di Encino pada 2014. Saat itu gempa berskala 4,4 SR. Kejadian tersebut dicatat sebagai yang terbesar dan mampu menyerang langsung di bawah Pegunungan Santa Monica dalam rentang waktu 80 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement