Selasa 10 Apr 2018 14:31 WIB

Haley: Tangan Rusia Berlumuran Darah Anak-Anak Suriah

AS mengatakan Moskow bertanggung jawab atas serangan gas kimia di Suriah

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Nidia Zuraya
Dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah
Foto: Guardian
Dugaan penggunaan senjata kimia di Suriah

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Duta besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Nikki Haley mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa AS akan menanggapi serangan gas kimia yang diduga dilakukan oleh rezim Assad terhadap warga sipil Suriah. Dia juga mengucilkan Rusia dengan mengatakan tangan Rusia berlumuran darah anak-anak Suriah.

"Senjata kimia sekali lagi digunakan pada pria, wanita, dan anak-anak Suriah," kata Haley pada pertemuan khusus Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk membahas apa yang tampak sebagai serangan kimia terhadap Douma, kota pemberontak terakhir di Suriah, pada Sabtu (7/4).

Serangan itu menyebabkan 49 orang tewas dan puluhan lainnya terluka. "Sejarah akan mencatat ini sebagai saat ketika Dewan Keamanan melepaskan tugasnya atau menunjukkan kegagalan total dan sepenuhnya untuk melindungi rakyat Suriah," kata Haley seperti dilansir CNN.

 

Baca juga, Iran Sebut Tuduhan Terhadap Suriah Jadi Konspirasi Barat

 

"Bagaimanapun, Amerika Serikat akan merespons."

Gambar anak-anak yang terengah-engah berjuang untuk bernapas mengejutkan dunia ini membuat Presiden Donald Trump mengutuk serangan itu dengan mengatakan presiden yang sakit dan terguncang Rusia Vladimir Putin dan Iran untuk mendukung Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Trump mengancam bahwa akan ada harga besar untuk membayar atas serangan itu.

Pada Senin, Haley menegaskan bahwa Rusia dapat 'membayar' juga, karena ketegangan antara Washington dan Moskow dibiarkan terbuka nyatadi Dewan Keamanan.

Sementara duta besar Rusia menuduh AS bersekongkol melawan Moskow dan Suriah, mengancam keamanan internasional, memicu ketegangan global dan beroperasi di luar batas-batas hukum internasional.

Haley menjelaskan secara panjang lebar dan secara detail tentang anak-anak Suriah yang kulitnya membiru terbaring di tangan orang tua mereka setelah serangan kimia yang dicurigai. Dia menjelaskan bahwa AS menganggap Moskow bertanggung jawab. Rusia, dia mengatakan secara tersirat, bahkan bukan bangsa yang beradab.

"Monster yang bertanggung jawab atas serangan ini tidak memiliki hati nurani untuk terkejut dengan gambar anak-anak yang meninggal," kata Haley, menjelaskan bahwa dia tidak akan menunjukkan foto-foto korban seperti yang dia alami setelah serangan kimia pada April 2017 yang menyebabkan AS menyerang Suriah.

"Rezim Rusia, yang tangannya juga berlumuran darah anak-anak Suriah, tidak dapat dipermalukan oleh foto-foto korbannya," katanya."Kami sudah mencobanya sebelumnya."

Rusia dapat menghentikan pembantaian yang tidak beralasan ini, jika mereka menginginkannya," katanya."Tapi mereka berdiri dengan rezim Assad dan mendukungnya tanpa ragu. Apa gunanya mencoba mempermalukan orang-orang seperti itu? Lagi pula, tidak ada pemerintahan beradab yang akan ada hubungannya dengan rezim pembunuh Assad."

"Obstruksi Rusia tidak akan terus menyandera kita ketika kita dihadapkan dengan serangan seperti ini," tambahnya.

LaluRusia memukul balik dengan keras."Tidak ada yang menginvestasikan Anda dengan wewenang untuk bertindak sebagai polisi, polisi dunia. Kami meminta Anda untuk kembali memelukhukum, "kata Duta Besar Vassily Nebenzia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov berpendapat bahwa tidak ada bukti senjata kimia yang digunakan. Klaim ini juga dibicarakan Nebenzia.

"Penggunaan sarin dan klorin tidak dikonfirmasi," kata Nebenzia pada pertemuan Senin.Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa "AS, bersama dengan Inggris dan Perancis, bertindak tanpa pembenaran, dan tanpa mempertimbangkan konsekuensi telahterlibat dalam kebijakan konfrontatif terhadap Rusia dan Suriah."

Dalam pernyataan yang panjang, bertele-tele, Nebenzia menuduh AS merencanakan serangan terhadap Damaskus dan menanamkan berita palsu dari serangan Douma pada Sabtu sebagai pembenaran. Dia kemudian berbelok ke topik yang diduga serangan agen saraf pada mantan mata-mata Rusia di Inggris, mencoba untuk menghubungkan semua peristiwa.

"Apakah tidak jelas bagi semua? Suriah, Rusia, Salisbury," kata Nebenzia, mengacu pada kota Inggris tempat mantan intelijen itu diracuni.

Sementara itu, Dubes Inggris untuk PBB, Karen Pierce, mendorong kembali sikapnya terhadap Nebenzia. Dia mengatakan bahwa Inggris, bersama dengan Perancis, 'membabi buta' mengikuti AS dan menolak upaya Rusia untuk menarik perbandingan terhadap serangan terhadap mata-mata tersebut.

"Kami percaya tidak ada alasan yang sah untuk tidak mendukung seruan agar dewan ini membentuk mekanisme investigasi independen," kata Pierce."Kami tidak menyembunyikan apa pun, tetapi tampaknya, bahwa Rusia, Suriah, Iran, dan pendukung mereka memiliki sesuatu yang perlu ditakuti."

Utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mencatat bahwa beberapa negara secara terbuka telah meningkatkan kecurigaan mereka, bahwa Suriah berada di balik serangan itu.Negara-negara lain, kata dia, telah mempertanyakan kredibilitas dari tuduhan ini.

"Apa alasannya, kemudian, untuk penyelidikan yang menyeluruh dan independen," katanya menyimpulkan, sembari mencela penggunaan senjata kimia sebagai tindakan yang menjijikkan dan menyerukan penyelidikan menyeluruh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement