Selasa 24 Apr 2018 14:32 WIB

Jendela Pesawat Air India Copot Saat Lepas Landas

Turbelensi hebat membuat jendela tersebut terlepas.

Rep: Marniati/ Red: Nidia Zuraya
Pesawat Air India
Foto: AP
Pesawat Air India

REPUBLIKA.CO.ID,  NEW DELHI -- Kepanikan terjadi dalam penerbangan pesawat Air India tujuan Amritsar. Sebuah jendela pesawat terlepas ketika pesawat sudah lepas landas.

Dilansir Business Insider, Selasa (24/4), dalam video yang beredar terlihat seorang pramugari berusaha memperbaiki jendela yang terlepas itu. Petugas kemudian meyakinkan wanita yang duduk di dekat jendela yang rusak agar tetap tenang.

Turbelensi hebat membuat jendela tersebut terlepas. Akibat insiden ini tiga orang mengalami luka.

Penerbangan dari Amritsar ke Delhi hanya ditempuh selama 30 menit. Menurut surat kabar The Times Of India, pesawat yang terdiri dari 240 penumpang ini dilanda cuaca buruk selama hampir 15 menit.

"Penumpang secara alami ketakutan. Satu korban luka mengalami cedera di kepala karena terkena kabin. Dia tidak mengenakan sabuk pengaman. Dua lagi luka ringan. Jendela luar tidak pecah dan tidak ada tekanan-tekanan," kata salah seorang penumpang.

Sebuah penyelidikan telah diluncurkan oleh regulator penerbangan Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil (DGCA) dan Badan Investigasi Kecelakaan Pesawat Udara (AAIB).

Insiden itu terjadi hanya sehari setelah seorang ibu dua anak meninggal pada penerbangan Amerika. Jennifer Riordan (43) tersedot melalui jendela pesawat selama keadaan darurat di tengah penerbangan.

Mesin kiri pada penerbangan 1380, yang membawa 144 penumpang dari New York ke Dallas, diyakini meledak pada ketinggian 32 ribu kaki. Ini menyebabkan pecahan mesin menghantam sisi pesawat.

Inspeksi darurat sekarang sedang dilakukan di ratusan pesawat di seluruh dunia setelah tragedi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement