Rabu 25 Apr 2018 18:36 WIB

Serangan Rasis Terhadap Muslim Austria Meningkat

Serangan rasis termasuk coretan-coretan mengandung ujaran kebencian.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Muslim Austria
Foto: Onislam.net
Muslim Austria

REPUBLIKA.CO.ID, VIENNA -- Kasus serangan rasis terhadap warga Muslim di Austria meningkat pada 2017. Hal itu diungkapkan The Documentation and Consultation Center for Muslims in Austria (DCCMA) dalam laporannya yang dirilis pada Selasa (24/4).

Dalam laporannya, DDCMA mengungkapkan terdapat 309 serangan rasis terhadap Muslim sepanjang 2017. Jumlah itu meningkat sekitar 21 persen dibandingkan pada 2016.

"Pada 2016, terdapat 253 serangan (rasis) yang didokumentasikan terhadap Muslim," kata DCCMA dalam laporannya, dikutip laman Anadolu Agency.

Dari 309 serangan rasis terhadap Muslim yang terjadi pada 2017, sebanyak 98 persen menimpa individu yang ditargetkan serta wanita. Sebanyak 49 persen serangan terjadi di ruang terbuka atau semi tertutup seperti transportasi umum.

"Sebagian besar serangan-serangan ini terjadi pada Oktober 2017 akibat pemilihan umum di negara tersebut," kata DCCMA menerangkan dalam laporannya.

Tidak hanya serangan, DCCMA pun mendokumentasikan coretan-coretan mengandung ujaran kebencian yang menempel di dinding-dinding masjid dan lembaga-lembaga Muslim lainnya. Hal itu cukup banyak terjadi pada bulan Ramadhan tahun lalu.

DCCMA telah mendokumentasikan serangan terhadap Muslim di Austria sejak 2014. Lembaga itu juga menyediakan layanan konsultasi bagi para korban serangan rasis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement