Sabtu 05 May 2018 08:02 WIB

Hawaii Diguncang Gempa 6,0 SR

Gempa vulkanik terjadi menyusul letusan Gunung Kilauea.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Reiny Dwinanda
Danau larva di puncak gunung Kilauea, Hawaii.
Foto: ABC
Danau larva di puncak gunung Kilauea, Hawaii.

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU -- Pulau Hawaii kembali diguncang gempa vulkanik berkekuatan 6,0 Skala Richter (SR). Gempa tersebut terjadi menyusul letusan Gunung Kilauea yang berdara di salah satu kepulauan tersebut.

Badan Geologi AS (USGS) mengatakan, gempa terjadi pada Jumat (4/5) sekitar pukul 12.32 tengah malah waktu setempat. Pusat gempa berada di 17,7 kilometer barat daya Leilani Estates, salah satu area pemukiman yang juga menjadi lokasi mengalirnya lava dari gunung berapi tersebut.

Sebelumnya, Hawaii juga diterpa gempa serupa berkekuatan 5,7 SR. USGS menyebutkan gempa tersebut berpusat di 17,7 km tenggara Hutan Fern dan berkedalaman 7 km.

Gunung berapi Kilauea diketahui sempat meletus dan menyemburkaan lava ke kawasan pemukiman penduduk. Tak hanya dihantui lava, penduduk juga diguncang serangkaian gempa yang terjadi menyusul letupan gunung tersebut.

Gunung tersebut mulai meletus pada Kamis (3/5) waktu setempat. Otoritas Hawaii lantas memerintahkan warga untuk segera mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Evakuasi terpaksa dilakukan menyusul tingginya tingkat belerang dioksida akibat letusan yang terjadi.

Tidak ada laporan korban jiwa dari peristiwa tersebut. Otoritas setempat juga belum menghitung kerugian yang diderita akibat gempa dan letusan gunung.

Kilauea merupakan gunung berapi aktif yang sering meletus selama lebih dari 30 tahun terakhir. USGS menyebutkan aliran lava dari gunung tersebut sudah menutupi area seluas 125 km persegi dan belum bisa diperkirakan berapa lama erupsi akan berlangsung.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement