Sabtu 05 May 2018 11:58 WIB

Hawaii Diguncang Gempa Terkuat dalam 40 Tahun Terakhir

Gempa vulkanik terjadi menyusul letusan Gunung Kilauea di Hawaii.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Danau larva di puncak gunung Kilauea, Hawaii.
Foto: ABC
Danau larva di puncak gunung Kilauea, Hawaii.

REPUBLIKA.CO.ID, HONOLULU -- Serangkaian gempa bumi mengguncang Hawaii pada Jumat (4/5). Salah satunya memiliki kekuatan yang mencapai 6,9 Skala Richter, bersamaan dengan keluarnya lava dari gunung berapi Kilauea.

Hal ini membuat warga, khususnya di Hawaii Big Island, harus dievakuasi. Menurut Sruvei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa tersebut menjadi yang terkuat dalam 40 tahun terakhir di Hawaii. Dilansir dari Telegraph, guncangan terjadi tepatnya pukul 12.32 siang waktu setempat.

Namun, berdasarkan informasi dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, gempa tidak cukup besar untuk menyebabkan potensi tsunami. Pusat gempa dilaporkan berada di sisi selatan Kilauea dan hanya menyebabkan perubahan permukaan laut di sekitar pulau mencapai 40 sentimeter.

Kilauea menjadi salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan satu di antara lima yang ada di Hawaii. Selama 35 tahun, erupsi konstan telah terjadi di gunung itu.

Survei Geologi AS mengatakan aliran lava yang disemburkan Kilauea saat ini telah menutupi 48 mil persegi area di sekitarnya. Para ilmuwan mengatakan hampir tidak mungkin untuk memprediksi berapa lama letusan dari gunung itu akan berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement