Senin 07 May 2018 11:44 WIB

Para Ahli Minta Reaktor Nuklir Tua di Inggris Ditutup

Reaktor nuklir ini harus ditutup karena mengalami kerusakan

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Nidia Zuraya
Reaktor nuklir
Reaktor nuklir

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Operator PLTN, EDF Energy berharap dapat menghidupkan kembali reaktor yang harus ditutup karena mengalami kerusakan. Para ahli telah memperingatkan untuk tidak memperpanjang kehidupan reaktor lama, karena itu akan memengaruhi keselamatan warga sekitar.

"Kehadiran retakan baru dalam reaktor nuklir Hunterston B di pantai barat Skotlandia menimbulkan pertanyaan keamanan yang penting tentang beberapa reaktor tua lainnya di Inggris," papar seorang ahli nuklir independen dilansir laman DW.

Reaktor pabrik 3 diambil pada bulan Maret setelah Kantor Peraturan Nuklir Inggris (ONR) diberitahu tentang adanya celah kerusahan di batu bata grafit inti. Pekan lalu, operator EDF Energy mengatakan akan memperpanjang penutupan hingga November untuk memungkinkan pemeriksaan keamanan tambahan setelah menemukan lebih banyak retakan baru.

Tetapi operator bersikeras bahwa akan me-restart reaktor atas izin ONR. "Saya benar-benar yakin mereka tidak akan bisa melakukan itu," kata insinyur nuklir independen John Large kepada DW.

Menurut Large, celah retakan di grafit inti reaktor dapat didinginkan dan ditutup dengan aman dalam keadaan darurat nuklir. Jika mereka melemah dengan cara apapun, ada kemungkinan gempa bumi atau tremor sederhana dapat memicu kebocoran nuklir dan pelepasan radioaktif.

"EDF tidak dapat melakukan apa pun secara fisik untuk menyelesaikan situasi. Batu-bata itu tidak pernah dirancang untuk diganti. Bahkan, itu benar-benar tidak dapat diakses di dalam inti reaktor."

Reaktor Hunterston 3 telah menghasilkan listrik sejak tahun 1976 dan akan mati pada tahun 2025. Sementara Hunterston B Reactor 3 dapat kembali beroperasi dari pemadaman saat ini, itu akan tetap mati sementara perusahaan bekerja dengan regulator untuk memastikan keselamatan jangka panjang publik. Juga menindaklanjuti lebih jauh kerusakan atau celah lainnya di grafit tersebut.

Reaktor tersebut merupakan salah satu yang tertua dari jenisnya. Hunterston Reactor 4, yang 18 bulan lebih muda, masih beroperasi hingga saat ini. "Enam lainnya di Inggris juga rentan," kata Large.

"Mereka semua memiliki masalah penuaan yang sama. Mereka semua dibangun pada tahun 70-an dan 80-an, dan itu berarti bahwa mereka semua telah mencapai ambang batas ini ketika mulai terjadi celah dimana-mana," tambahnya.

Kritikus dan konsultan nuklir yang berbasis di Edinburgh, Pete Roche, mengatakan memperpanjang kehidupan reaktor lama adalah berjudi dengan keamanan publik."Kami berharap ONR akan melaksanakan tugasnya dengan tekun untuk memastikan industri nuklir mengendalikan bahayanya secara efektif dan mempertahankan standar keselamatan dan keamanan nuklir tertinggi."

Pada tahun 2014, dua pabrik Inggris EDF, Heysham 1 dan Hartlepool, tidak beroperasi setelah ditemukan kerusakan pada bagian reaktor. Juga di Belgia, produksi dihentikan di dua reaktor nuklir pada tahun 2012 setelah inspeksi menemukan retakan kecil di tangki inti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement