Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Putin akan Bertemu Kim Jong-un di Rusia

Senin 04 Jun 2018 16:04 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Nur Aini

Vladimir Putin

Vladimir Putin

Foto: EPA/Sergei Chirikov
Pertemuan Putin dan Kim Jong-un akan digelar pada September.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku siap menjamu kedatangan pemimpin tertiggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Putin akan menyambut kedatangan Kim di kota paling Timur Rusia, Vladivostok.

Pertemuan antara Putin dan Kim kemungkinan dilakukan pada September. Namun, belum ada perincian tanggal dari rencana pertemuan tersebut. Mengutip kantor berita Rusia, RIA, pemerintah kedua negara masih mendiskusikan lebih lanjut terkait tempat dan tanggal pertemuan tersebut.

Belum ada keterangan lebih lanjut terkait bahasa dalam pertemuan tersebut. Pemerintah kedua negara belum memberikan keterangan lebih lanjut. Namun pertemuan diperkirakan akan mendiskusikan kerja sama lebih dalam antara kedua negara.

Pernyataan yang dilontarkan Putin merupakan tindak lanjut dari undangan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov saat melakukan kunjungan ke Pyongyang belum lama ini. Kunjungan dilakukan jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Kim Jong-un.

Pertemuan dinilai sebagai langkah Rusia untuk menetapkan pengaruh mereka di kawasan menyusul perundingan kedua negara untuk mengakhiri ketegangan bertahun-tahun atas program nuklir Pyongyang. Namun, Lavrov mengatakan, Rusia mendukung proses perdamaian yang dilakukan di Semenanjung Korea yang tertuang dalam deklarasi bersama dengan Korea Selatan (Korsel).

Lavrov meminta agar sanksi yang diberlakukan terhadap Korut segera dicabut secara bertahap. Dia mengatakan, denuklirisasi hanya akan dapat dicapai jika sanksi terhadap Pyongyang dikurangi. "Saat kita memulai diskusi tentang cara menyelesaikan masalah nuklir di Semenanjung Korea, solusi tidak dapat komprehensif tanpa pencabutan sanksi," kata Lavrov.

Seperti diwartakan sebelumnya, KTT AS-Korut rencananya digelar pada 12 Juni di Singapura. Pertemuan kedua negara itu akan membahas seputar denuklirisasi Korut.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA