Selasa 05 Jun 2018 08:39 WIB

Mahathir: Jangan Ulangi Kesalahan Pemerintahan Sebelumnya

Mahathir mengatakan, kita harus selalu menjunjung hukum.

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad
Foto: The Star Online
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad

REPUBLIKA.CO.ID, PUTRAJAYA -- Setelah berhasil membentuk pemerintahan, tantangan bagi Pakatan Harapan sekarang adalah memastikan agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dari pemerintah sebelumnya. Hal itu dikatakan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

"Sekarang kita adalah pemerintah. Kita harus selalu menjunjung aturan hukum dan mengikuti prosedur dengan ketat sehingga tidak akan ada ruang untuk penyalahgunaan," kata dia dilansir the Star, Selasa (5/6).

photo
Gebrakan Mahathir Mohamad di awal kepemimpinannya.

 

"Kami harus tetap berpegang pada ikrar untuk menegakkan keadilan dan bersikap adil serta transparan dalam administrasi," katanya saat berbuka puasa dengan anggota Parti Pribumi Bersatu Malaysia.

Mahathir mengatakan, Pakatan bertekad untuk membangun kembali Malaysia, meskipun masalah yang diwarisi dari pemerintahan sebelumnya cukup rumit. Salah satu masalah, katanya, adalah pegawai negeri telah diajarkan untuk tidak melayani negara dan pemerintah, tetapi melayani partai yang berkuasa.

Itu sebabnya mereka melakukan instruksi yang bertentangan dengan hukum. Ini tidak akan terjadi di pemerintahan ini. "Pemerintah kami tidak akan membiarkan mereka melawan hukum, bahkan jika pesanan datang dari atas," katanya menambahkan.

Pakatan berusaha selalu menjunjung Islam. Baru-baru ini mereka menunjukkan bahwa pemerintah sebelumnya telah melakukan tindakan yang tidak mencerminkan ajaran agama Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement