Sabtu 09 Jun 2018 14:18 WIB

Pembangunan RS Indonesia di Rakhine Capai 50 persen

Sesuai jadwal diperkirakan pada akhir 2018 pekerjaan RS Indonesia akan selesai

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Budi Raharjo
Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar capai 50 persen.
Foto: dok. MER-C
Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Rakhine State, Myanmar capai 50 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, ROHINGYA -- Pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Rakhine State, Myanmar, sudah berlangsung enam bulan, sejak November 2017. Kini pengerjaannya sudah mencapai 50 persen.

Tiang-tiang penyangga dan sebagian atap sudah terpasang. Dinding-dinding juga sudah nampak menutupi bangunan rumah sakit seluas 2.100 meter persegi itu.

"Alhamdulillah, meskipun banyak kendala pembangunan RS Indonesia terus berjalan dan sudah mencapai sekitar 50 persen, semoga bisa cepat selesai," kata Nur Ikhwan Abadi, relawan MER-C di lokasi proyek, Myaung Bwe Village, Mrauk U Town Ship, Rakhine State, Myanmar, Sabtu (8/6).

Ikhwan menjelaskan bahwa dalam waktu dekat ini akan dilakukan pekerjaan pengecoran lantai dua dan pemasang dinding bata yang akan dikerjakan sebelum musim hujan datang. "Pengerjaan tangga ram juga kita kejar, semoga sebelum puncak musim hujan tiba pertengahan Juni ini, bisa kita cor semua atap betonnya," jelas Ikhwan.

Diutarakan Ikhwan, pada Juni hingga Agustus curah hujan di Mrauk U mencapai puncaknya, sehingga akan berdampak terhadap proses pembangunan RS Indonesia. Sesuai jadwal diperkirakan pada akhir 2018 ini pekerjaan RS Indonesia akan selesai.

"Kita berdoa mudah-mudahan tidak ada kendala berarti ke depannya, karena di awal-awal pembangunan, masalah keamanan, pekerja, cuaca ekstrem dan pasokan material cukup menjadi kendala pekerjaan," ungkapnya.

MER-C mengirimkan 4 relawan untuk mengawal proses pembangunan RS Indonesia di Myanmar. Para relawan sudah berpengalaman dalam membangun RS Indonesia di Gaza, Palestina. Mereka di antaranya, Nur Ikhwan Abadi (Insinyur Sipil), Ahmad Fauzi (Insinyur Sipil), kemudian Karidi (Ahli Mechanical dan Electrical), serta Wanto yang merupakan Kepala Tukang pada Pembangunan RS Indonesia di Gaza.

Rumah Sakit Indonesia yang berada di Myaung Bwe Village, Mrauk-U Township, Rakhine State, Myanmar adalah sebuah langkah diplomasi kemanusiaan di dunia internasional kerja sama MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) dan PMI (Palang Merah Indonesia).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement