Ahad 24 Jun 2018 09:22 WIB

Donald Trump Diragukan Bisa Satukan Kembali Keluarga Imigran

Lebih dari 2.300 anak terpisah dari keluarga imigran.

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Nur Aini
Demonstran memegang tulisan dan foto saat protes menentang kebijakan imigrasi Presiden Donald Trump yang memisahkan anak-anak dari orang tuanya di depan Gedung Putih, Kamis (21/6). Terdapat foto yang dijadikan sampul majalah Time edisi Juli 2018.
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Demonstran memegang tulisan dan foto saat protes menentang kebijakan imigrasi Presiden Donald Trump yang memisahkan anak-anak dari orang tuanya di depan Gedung Putih, Kamis (21/6). Terdapat foto yang dijadikan sampul majalah Time edisi Juli 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS -- Demonstran berunjuk rasa pada Sabtu (23/6) untuk mengutuk pemisahan orang tua imigran dari anak-anak mereka di otoritas perbatasan AS. Sementara itu, anggota parlemen Demokrat mengatakan mereka tidak yakin pemerintahan Trump memiliki rencana nyata untuk menyatukan kembali mereka.

Ratusan orang berunjuk rasa di dekat fasilitas Homestead, Florida, tempat anak-anak imigran ditahan. Demonstran berbaris di San Diego membawa tanda-tanda yang bertuliskan “Bebaskan Anak-anak” dan “Jaga Keluarga Bersama” dan di kota-kota Kalifornia lainnya.

"Sesuatu harus dilakukan," kata Gabriel Rosales, wakil presiden Liga Nasional Warga Amerika Latin untuk wilayah barat daya, dilansir laman AP. “Ini bukan sesuatu yang baik di Amerika hari ini. Dan kita harus menunjukkan kepada anak-anak itu bahwa mereka memiliki orang-orang di sini di Amerika Serikat yang peduli.”

Demonstrasi itu terjadi beberapa hari setelah pemerintahan Trump berbalik arah dalam menghadapi kemarahan publik dan politik. Pihak berwenang berhenti memisahkan keluarga imigran yang tertangkap melintasi perbatasan AS-Meksiko.

Dalam beberapa minggu terakhir, lebih dari 2.300 anak diambil dari keluarga mereka di bawah kebijakan "toleransi nol" di mana orang-orang yang memasuki AS secara ilegal menghadapi tuntutan hukum. Sementara perpisahan keluarga berakhir, kebingungan pun terjadi saat orang tua pergi mencari anak-anak mereka. Pemerintah mengatakan akan berusaha untuk menahan keluarga imigran selama proses imigrasi mereka, yang juga memicu kecaman.

Evelyn Stauffer, juru bicara Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan, mengatakan agensinya mencoba membantu menyatukan kembali keluarga atau menempatkan anak-anak imigran tanpa pendamping dengan dukungan yang sesuai. Di Florida, imigran Argentina Maria Bilbao mengatakan dia bergabung dengan protes karena dirinya datang ke negara itu 17 tahun yang lalu dengan putranya yang berusia 9 tahun dan memahami ketakutan dipisahkan dari seorang anak.

Sebanyak 25 anggota parlemen Demokrat yang mengunjungi perbatasan McAllen, Texas, mengatakan mereka tidak melihat sistem federal yang jelas untuk menyatukan kembali orang-orang yang terpecah belah. Setiap orang, bahkan bayi diberi nomor "A" atau asing, hanya diberi nomor identifikasi yang berbeda oleh lembaga federal lainnya.

Mereka mendeskripsikan anak-anak tidur di balik jeruji, di lantai beton, dan di bawah selimut tahan panas. "Masih ada ribuan anak-anak yang di luar sana sekarang tidak dihubungkan ke orang tua mereka dan tidak ada sistem yang baik untuk memperbaikinya," Rep. Joe Courtney, seorang Demokrat dari Connecticut.

Puluhan ribu imigran yang bepergian dengan keluarga mereka telah ditangkap di perbatasan AS-Meksiko dalam beberapa tahun terakhir, banyak dari mereka yang melarikan diri dari kerusuhan di Amerika Tengah. Sekitar 9.000 unit keluarga telah ditangkap dalam tiga bulan terakhir, menurut otoritas perbatasan AS.

Pemerintahan Trump mengumumkan rencana pada April untuk mengadili semua imigran yang ditangkap di sepanjang perbatasan barat daya dengan secara ilegal memasuki negara itu. Orang tua dipenjara dan anak-anak dibawa ke tempat penampungan yang dikontrak pemerintah.

Baca: Donald Trump Ingin Tetap Bersikap Keras terhadap Imigran

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement