Ahad 01 Jul 2018 05:04 WIB

Kereta Cepat Shinkansen Hello Kitty Hadir di Jepang

Ratusan penggemar kucing dengan pita merah muda ini pun rela menghadiri peluncurannya

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Israr Itah
Kereta cepat Hello Kitty.
Foto: Kyodo News via AP
Kereta cepat Hello Kitty.

REPUBLIKA.CO.ID,  TOKYO -- Kereta cepat Shinkansen bertemakan Hello Kitty telah beroperasi sejak Sabtu (30/6) ini di Jepang. Ratusan penggemar kucing dengan pita merah muda ini pun rela menghadiri peluncurannya.

Kereta Shinkansen didesain khusus dengan warna merah muda dan putih ini berangkat dari Stasiun Hakata di Fukuoka menuju Osaka. Keberangkatan perdananya dikonduktori oleh seseorang yang juga menggunakan pakaian ala Hello Kitty lengkap dengan pita merah mudanya. Dilansir di Arabnews, 400 orang hadir untuk menyaksikan keberangkatan perdana kereta tersebut.

Kereta Hello Kitty akan beroperasi selama tiga bulan hingga September dan melewati kota-kota di daerah barat Osaka menuju Fukuoka. Perusahaan Kereta Api Jepang bagian Barat berharap dengan adanya ikon ini bisa meningkatkan pariwisata di wilayah-wilayah tersebut.

Kereta khusus ini memiliki delapan gerbong dengan desain interiornya terdapat banyak stiker Hello Kitty tersenyum di setiap jendela. Salah satu gerbong bahkan menyediakan boneka Hello Kitty berukuran sama seperti manusia yang bisa digunakan oleh penumpang untuk melakukan swafoto.

Satu gerbong lainnya tidak menyediakan kursi bagi penumpang, namun mereka menghadirkan produk spesial regional seperti dalam bentuk makanan maupun barang lain. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan ekonomi dan pariwisata lokal.

Hello Kitty telah melahirkan keuntungan miliaran dolar sejak Sanrio memperkenalkan ikon ini pada 1974. Selama beberapa tahun ikon ini menghiasi berbagai barang seperti kotak pensil, baju tidur, hingga bus tingkat dua dan pesawat terbang.

Usaha untuk meningkatkan pariwisata sendiri bukan pertama kali.Tahun 2015 perusahaan yang sama meluncurkan kereta cepat dengantema Harry Potter yaitu Hogwarts Express. Kereta ini memiliki rute dari Osaka menuju Kagoshima, sebuah wilayah di barat Jepang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement