Selasa 10 Jul 2018 06:34 WIB

AS akan Bebaskan Puluhan Anak Imigran

Jumlah anak yang dibebaskan hanya setengah dari ratusan anak imigran yang ditahan

Rep: Winda Destiana Putri/ Red: Bilal Ramadhan
Anak-anak imigran yang ditampung dalam pusat detensi di daerah perbatasan di Amerika Serikat
Foto: Forbes
Anak-anak imigran yang ditampung dalam pusat detensi di daerah perbatasan di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, SAN DIEGO -- Lebih dari 50 anak imigran di bawah usia 5 tahun akan bersatu kembali dengan orang tua mereka. Ini dilakukan di bawah administrasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dan keluarga imigran juga akan dibebaskan.

Jumlah itu hanya setengah dari ratusan anak imigran lainnya. Dalam sidang pengadilan, pengacara Departemen Kehakiman Sarah Fabian mengakui bahwa pemerintah tidak akan memenuhi tenggat waktu untuk semua anak, dengan berbagai alasan, termasuk bahwa orang tua dari beberapa anak telah dideportasi.

Fabian mengatakan bahwa 54 anak-anak akan bergabung dengan orang tua mereka pada akhir Selasa di seluruh negeri dan bahwa lima tambahan sedang menjalani akhir pemeriksaan latar belakang. Ini adalah pertama kalinya pemerintah mengindikasikan apakah orang tua dan anak-anak akan dibebaskan atau ditahan bersama.

Mereka akan dibebaskan di AS, menunggu hasil kasus imigrasi mereka, yang bisa memakan waktu beberapa tahun. Fabian tidak mengatakan mengapa mereka dibebaskan, tetapi Imigrasi dan Bea Cukai AS memiliki sedikit ruang untuk menampung keluarga.

ICE memiliki tiga pusat penahanan keluarga dengan ruangan untuk sekitar 3.000 orang, dan tempat-tempat sudah pada atau dekat kapasitas. Administrasi Trump mencoba untuk menghubungi ribuan tempat tidur lebih banyak di pangkalan militer.

Pengacara Persatuan Kebebasan Sipil Amerika Lee Gelernt mengatakan kepada wartawan bahwa dia "senang dan kecewa" dengan kemajuan pemerintah dalam memenuhi tenggat waktu. "Hari ini lebih dari 50 bayi dan balita dipertemukan dengan orang tua mereka, dan itu jelas merupakan kemenangan besar," katanya.

Namun dia mengatakan bahwa mereka yang tetap berpisah dari orang tua mereka "dalam proses yang panjang". Hakim Distrik AS Dana Sabraw memerintahkan kedua pihak kembali ke pengadilan pada hari Selasa untuk memberikan pembaruan lain.

ACLU sedang menyusun proposal untuk mempersingkat waktu menunggu anak-anak yang tersisa. Gelernt mengatakan beberapa prosedur seperti tes DNA, sidik jari dan permintaan untuk informasi lain dirancang untuk melepaskan anak-anak ke kerabat jauh, bukan ke orang tua.

Lebih dari 2.000 anak-anak dipisahkan dari orang tua mereka oleh otoritas imigrasi AS di perbatasan musim semi ini sebelum Presiden Donald Trump berbalik arah pada 20 Juni di tengah kecaman internasional dan mengatakan keluarga harus tetap bersama.

Akhir bulan lalu, Sabraw, seorang yang diangkat dari Presiden Republik George W. Bush, menetapkan tenggat 14 hari untuk menyatukan kembali anak-anak di bawah 5 tahun dengan orang tua mereka dan batas waktu 30 hari untuk anak-anak yang lebih tua. Batas waktu 30 hari sudah habis 26 Juli.

Sidang hari Senin mengatakan bahwa pada Selasa ini para orang tua dan anak akan bertemu, meski tidak diberi tahu lokasi pertemuan mereka. Adapun sebagian besar anak-anak di bawah usia lima tahun yang belum bersatu kembali dengan keluarga mereka, Fabian mengatakan bahwa orang tua mereka telah dibebaskan ke AS, telah dideportasi, atau berada di balik jeruji atas tuduhan kriminal.

Satu anak belum dicocokkan dengan orang tua, kata Fabian. ACLU mengidentifikasi dia sebagai bocah 3 tahun, dilansir laman AP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement