Selasa 17 Jul 2018 21:54 WIB

Afrika Selatan Luncurkan Teleskop Terbesar di Dunia

Teleskop ini disebut 50 kali lebih kuat daripada teleskop yang ada saat ini.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Teleskop radio terbesar di Bumi, terletak di Green Bank, Virginia.
Foto: Flickr
Teleskop radio terbesar di Bumi, terletak di Green Bank, Virginia.

REPUBLIKA.CO.ID, NORTHERN CAPE -- Afrika Selatan telah meluncurkan teleskop canggih yang bisa mempelajari pembuatan galaksi. Teleskop ini disebut paling canggih di dunia dan dapat mengungkap rahasia-rahasia alam semesta yamg selama ini belum terungkap. 

Teleskop radio bernama MeerKAT tersebut diluncurkan di kawasan Northern Cape, Afrika Selatan. Teleskop ini disebut 50 kali lebih kuat daripada teleskop yang ada saat ini. 

"Teleskop ini akan menjadi yang paling besar dari jenisnya dengan resolusi gambar melebihi teleskop luar angkasa Hubble," kata Wakil Presiden Afrika Selatan, David Mabuza, dikutip Aljazirah, Sabtu (14/7).

Ia melanjutkan, peluncuran teleskop radio ini menggambarkan pencapaian Afrika. Ia juga ingin menunjukkan bahwa Afrika bisa berkontribusi pada perkembangan di dunia.

Teleskop tersebut diperkirakan akan dapat sepenuhnya digunakan sebelum 2030. Hal yang bisa dilihat teleskop tersebut antara lain adalah ledakan bintang, lubang hitam, dan jejak proses terbentuknya alam semesta 14 miliar tahun lalu. 

Proyek ini merupakan hasil dari perjanjian internasional termasuk Australia, Inggris, Kanada, Cina, India, Italia, Selandia Baru, Swedia, dan Belanda. Negara Afrika lain juga turut andil yakni Botswana, Ghana, Kenya, Madagascar, Mauritius, Mozambique, Namibia, dan Zambia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement