Sabtu, 16 Zulhijjah 1440 / 17 Agustus 2019

Sabtu, 16 Zulhijjah 1440 / 17 Agustus 2019

Rouhani ke Trump: Jangan Bermain Ekor Singa

Ahad 22 Jul 2018 16:13 WIB

Rep: Marniati/ Red: Joko Sadewo

Presiden Iran Hassan Rouhani

Presiden Iran Hassan Rouhani

Foto: Iranian Presidency Office via AP
Trump diminta tidak meghasut keamanan dan kepentingan Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Presiden Iran Hassan Rouhani memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tentang kebijakannya terhadap Teheran.

 "Amerika harus tahu perang dengan Iran adalah ibu dari semua perang," ujar Rouhani berdasarkan laporan media Iran, IRNA, Ahad (22/7).

Iran menghadapi peningkatan tekanan  dan sanksi  dari AS, setelah keputusan Trump untuk menarik diri dari kesepakatan internasional 2015 atas program nuklir Iran.

"Trump, jangan bermain dengan ekor singa, ini hanya akan menyebabkan penyesalan. Amerika harus tahu bahwa perdamaian dengan Iran adalah ibu dari semua perdamaian, dan perang dengan Iran adalah ibu dari semua perang," kata Rouhani.

Ia mengatakan Trump tidak seharusnya menghasut keamanan dan kepentingan Iran.

Di Washington, pejabat AS yang akrab dengan masalah itu mengatakan  pemerintahan Trump telah meluncurkan serangan pidato dan komunikasi  online yang dimaksudkan untuk menimbulkan kerusuhan. Ini juga dimaksudkan untuk  menekan Iran agar mengakhiri program nuklir dan dukungannya terhadap kelompok militan.

Para pejabat AS yang menjadi narasumber mengatakan kampanye itu menjelaskan para pemimpin Iran  dengan hal yang keras. Kadang-kadang menggunakan informasi yang dilebih-lebihkan atau bertentangan dengan pernyataan resmi lainnya. Termasuk komentar oleh pemerintahan sebelumnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA