Sabtu 28 Jul 2018 00:18 WIB

Ribuan Orang Mengungsi Akibat Kebakaran Hutan di Kalifornia

Kebakaran lahan diduga dilakukan oleh seorang pelaku pembakaran berantai.

Ilustrasi Kebakaran Hutan
Foto: Antara
Ilustrasi Kebakaran Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Lebih dari 3.000 warga terpaksa meninggalkan rumah di kawasan resor pegunungan akibat meluasnya kebakaran lahan di Kalifornia Selatan. Kebakaran lahan diduga dilakukan oleh seorang pelaku pembakaran berantai.

Bencana kebakaran yang dijuluki Cranston Fire dan diduga disulut oleh tersangka pelaku yang sama tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kebakaran lahan yang mulai terjadi pada Rabu di Riverside County di timur Kota Hemet.

Lembaga kehutanan AS mengatakan Brandon McGlover (32) ditahan di Hemet pada Rabu dan menghadapi lima tuduhan pembakaran. Belum diketahui apakah McGlover yang ditahan dengan jaminan satu juta dolar AS ini telah mendapatkan kuasa hukum.

Kebakaran Cranston yang telah menghancurkan setidaknya lima rumah di tepi pegunungan San Jacinto di sebelah barat wilayah Palm Springs itu telah memaksa 3.200 orang yang tinggal di Idyllwild, Cedar Glen, dan Lembah Fern mengungsi. Sekitar 700 petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang telah menghanguskan 1.900 hektare lahan ini.

Bencana tersebut hanya satu dari lima kebakaran lahan besar yang melanda California akibat gelombang panas di negara bagian itu. Di Kalifornia Utara, kebakaran Carr memaksa ribuan warga mengungsi saat petugas berjuang mengendalikan kobaran api di kawasan pegunungan Shasta County. Kebakaran yang terjadi sekitar 240 km utara Sacramento itu hingga Kamis telah menghanguskan 8.100 hektare lahan atau tiga kali lebih luas dari sehari sebelumnya.

Petugas hanya mampu mengendalikan 10 persen dari luasnya kobaran api, kata Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran Kalifornia. Meski api melalap kawasan jarang penduduk, juru bicara kantor pemadam kebakaran Kalifornia Scott McLean memperingatkan kemungkinan api akan meluas ke Kota Redding yang dihuni 90 ribu orang.

"Jika Anda tinggal di West Redding, mulailah berkemas dan bersiaplah," kata patroli jalan raya Kalifornia dalam akun Twitter-nya. "Kebakaran ini sudah di luar kendali."

Gubernur Kalifornia Jerry Brown menetapkan status darurat di Shasta dan Riverside County pada Kamis setelah meluasnya kebakaran Carr dan Cranston, yang diperparah oleh suhu udara yang mencapai 37 derajat celcius, angin kencang serta kelembaban rendah.

Sebelumnya kebakaran Ferguson yang melanda 17.500 hektare lahan menyebabkan ditutupnya kawasan Taman Nasional Yosemite akibat asap hitam pekat menyelimuti lembah yang berlokasi sekitar 275 km dari timur San Fransisco. Seorang petugas pemadam kebakaran tewas pada 14 Juli setelah alat berat yang dia gunakan untuk memotong batas penahan api terbalik, dan tujuh lainnya terluka.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement