Kamis 09 Aug 2018 02:00 WIB

10 Orang Meninggal Usai Santap Makanan Tercemar

Makanan diduga mengandung zat kimia yang digunakan dalam pestisida.

Pestisida
Foto: Republika/Prayogi
Pestisida

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Sedikitnya 10 orang meninggal dan 40 orang lagi sakit setelah menyantap makanan yang tercemar di acara pemakaman di desa San Jose de Usha, Andes, Peru. Makanan itu diduga mengandung organoposfat.

Organoposfat adalah zat kimia yang digunakan dalam pestisida. Menteri Kesehatan Silvia Pessah mengatakan delapan orang masih dalam kondisi kritis.

Pihak berwenang mengevakuasi para pasien dari rumah sakit di pedesaan di Ayacucho, kampung halaman para petani yang berbicara bahasa asli Quenchua di kawasan Andes, Peru selatan.

"Penyebab kematian itu akan diketahui setelah otopsi dilakukan," kata Jorge Chavez, kepala lembaga pertahanan sipil Peru.

Menurut Pessah, sudah terjadi dua insiden keracunan zat kimia organoposfat di kawasan yang sama dalam beberapa bulan terakhir. Pada tahun 2013, sebanyak 23 anak sekolah Indian meninggal setelah menyantap makanan tercemar zat monocrotophos pestisida, senyawa berasal dari golongan organoposfat.

Mantan menteri kesehatan Peru Abel Salinas mengatakan  tragedi tersebut merupakan peringatan bahwa wadah yang mengandung bekas pestisida jangan pernah digunakan dalam menyiapkan makanan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement