Sabtu 11 Aug 2018 07:27 WIB

Pohon Cina Langka Berbunga Pertama Sejak 100 Tahun Lalu

Pohon yang sama tercatat pernah berbunga di Universitas Cambridge

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bunga Emmenopterys henryi di Roith Park
Foto: bcc.com
Bunga Emmenopterys henryi di Roith Park

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Pohon Cina yang langka di Cardiff telah berbunga untuk pertama kalinya sejak ditanam lebih dari 100 tahun yang lalu. Bunga-bunga berwarna putih krem yang memiliki nama latin Emmenopterys henryi di Roith Park dianggap sebagai hasil dari musim dingin yang diikuti oleh kondisi gelombang panas.

Ahli botani Ernest Wilson memperkenalkan spesies ini ke Eropa pada tahun 1907, dengan bunga pertama yang diketahui di Italia pada 1971. Pohon tersebut telah tumbuh menjadi yang terbesar atau terbaik dari jenisnya di Inggris. Ini diperkirakan ditanam pada awal abad ke 20.

"Ini benar-benar sesuatu yang istimewa untuk dilihat," kata petugas taman umum Gareth Stamp dilansir BBC, Sabtu (11/8).

Stamp mengaku sudah berjalan melewati pohon ini satu juta kali, tetapi dia tidak pernah berharap melihatnya dengan bunga. "Dan siapa yang tahu, ini jarang terjadi, mungkin aku tidak akan pernah melihatnya lagi," kata dia.

Sekitar lima tahun lalu, pohon yang sama yang dibawa Ernest Wilson tercatat pernah berbunga di Taman Botani Universitas Cambridge, Inggris. Peneliti Dr Tim Upson mengatakan kejadian amat sangat langka dan bunganya juga spesimen yang amat jarang.

"Kejadian ini mungkin sekali seumur hidup, kesempatan yang hanya bisa dilihat per generasi," ucap dia dikutip dari BBC. Di Inggris, pohon ini tercatat berbuna di Wakehurst, Sussex tahun 1987. Hanya saja kemudian berbunga lagi di lokasi yang sama tahun 2010

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement