Jumat 17 Aug 2018 04:30 WIB

Perempuan Muslim Somalia Maju ke Kongres AS

Dia memenangkan 48 persen suara di pemilihan pendahuluan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Ani Nursalikah
Perwakilan negara bagian Minnesota dan Muslim kelahiran Somalia, Ilhan Omar.
Foto: Facebook
Perwakilan negara bagian Minnesota dan Muslim kelahiran Somalia, Ilhan Omar.

REPUBLIKA.CO.ID, MINNESOTA -- Perwakilan negara bagian Minnesota dan Muslim kelahiran Somalia, Ilhan Omar telah memenangkan pemilihan utama Partai Demokrat untuk distrik kelima negara itu. Dia menjadi kandidat Muslim kedua yang bergabung dengan Kongres AS pada November.

Dilansir di Middle East Monitor, Jumat (17/8) Omar tidak memiliki penantang Republik di Minnesota dan memiliki peluang besar untuk menang pada November, terutama saat ia mengalahkan lima kandidat Demokrat di pemilihan pendahuluan. Dia memenangkan 48 persen suara.

Wanita berusia 35 tahun itu datang ke AS sebagai pengungsi bersama keluarganya ketika dia baru berusia dua tahun. Awal bulan ini, Rashida Tlaib seorang Palestina-Amerika memenangkan pemilihan utama Partai Demokrat untuk Distrik 13 Michigan.

Baca juga: Karier Rashida Tlaib dari Imigran Palestina ke Kongres AS

Dengan tidak ada politikus Partai Republik yang mencalonkan kursi, Rashida bisa menjadi wanita Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres. "Saya tidak sabar untuk bekerja sama di Kongres Amerika Serikat bersama Anda. Sangat bangga dengan Anda,” kata Rashida kepada Omar di Twitter.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement