Jumat 24 Aug 2018 00:28 WIB

Uni Eropa Kucurkan Bantuan Rp 304 Miliar untuk Iran

Bantuan itu untuk membantu negara itu mengimbangi dampak sanksi Amerika Serikat.

Federica Mogherini
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Federica Mogherini

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa menyetujui bantuan senilai 18 juta euro (sekitar Rp 304,9 miliar) bagi Iran, Kamis (23/8). Bantuan itu untuk membantu negara itu mengimbangi dampak sanksi Amerika Serikat.

Bantuan itu juga diberikan dalam upaya menyelamatkan kesepakatan pada 2015, yang dibuat untuk membatasi ambisi nuklir Iran. Pengumuman itu menjadi bagian dari upaya tingkat tinggi Uni Eropa guna mendukung kesepakatan nuklir tersebut, yang ditinggalkan Presiden AS Donald Trump pada Mei.

Bantuan itu adalah bagian dari paket lebih luas senilai 50 juta euro (sekitar Rp 845,8 miliar) untuk Iran dalam anggaran Uni Eropa. Uni Eropa sedang berupaya menjaga perdagangan dengan Iran, yang telah mengancam akan berhenti mematuhi perjanjian nuklir jika negara itu tidak merasakan ada keuntungan ekonomi dari pengurangan sanksi.

Kepala bidang luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan dalam pernyataan, kelompok negara-negara Eropa itu bertekad bekerja sama dengan Iran. "Paket baru ini akan memperluas hubungan ekonomi dan sektor-sektor yang mendatangkan keuntungan langsung bagi warga-warga negara kita," katanya.

Uni Eropa akan mengeluarkan delapan juta euro (sekitar Rp 135 miliar) untuk sektor swasta Republik Islam itu, termasuk bantuan bagi kalangan pengusaha kecil dan menengah serta Organisasi Promosi Perdagangan Iran. Delapan juta euro lagi akan diberikan untuk mendanai proyek lingkungan dan dua juta euro (sekitar Rp 33,8 miliar) untuk memerangi bahaya akibat obat terlarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement