Sabtu 25 Aug 2018 04:15 WIB

Via Twitter, Trump Batalkan Kunjungan Pompeo ke Korut

Sehari sebelumnya, Pompeo sudah mengumumkan rencana keberangkatannya ke Korut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo
Foto: Time
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump memerintahkan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo untuk membatalkan rencana kunjungan ke Korea Utara pada Jumat (24/8). Padahal, satu hari sebelumnya Pompeo baru saja mengumumkan bahwa ia akan kembali mengunjungi Korea Utara bersama perwakilan khusus AS yang baru, yaitu Stephen Biegun.

"Saya telah meminta Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk tidak pergi ke Korea pada saat ini, karena saya pikir kita belum membuat kemajuan yang cukup terkait denuklirisasi Semenanjung Korea," tulis Trump melalui akun Twitter pribadinya, seperti dilansir Reuters.

Cicitan Trump di akun Twitter pribadinya, Sabtu (25/8).

Trump mengatakan rencana kunjungan ke Korea Utara kemungkinan tidak akan terjadi selama masalah sengketa perdagangan dengan Cina belum selesai. Trump menambahkan, Cina tak lagi memberi bantuan terkait masalah Korea Utara.

"Saya tidak yakin mereka (Cina) membantu proses denuklirisasi seperti dulu (meskipun ada sanksi PBB yang berlaku)," jelas Trump.

Trump mengatakan rencana kunjungan Pompeo hanya ditunda sementara waktu. Kemungkinan besar, Pompeo akan mengunjungi Korea Utara setelah masalah hubungan dagang AS dengan Cina terselesaikan.

"Untuk sementara waktu, saya ingin menyampaikan salam hangat dan hormat untuk Ketua Kim (Kim Jong Un). Saya menantikan untuk bertemu dengannya dalam waktu dekat," kata Trump.

Trump menitipkan salam buat Kim melalui cicitan di akun Twitter pribadinya, Sabtu (25/8).

Perubahan sikap Trump ini terbilang cukup dramatis. Apalagi, pada Juni lalu, Trump sudah menghadiri pertemuan yang sukses dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Kala itu, Trump menyatakan bahwa ancaman nuklir Korea Utara sudah berakhir.

Negosiasi diketahui telah berhenti sejak pertemuan dilakukan pada Juni lalu. Di satu sisi, Pompeo mendesak langkah nyata dari Korea Utara untuk melepas persenjataan nuklirnya. Di sisi lain, Pyongyang menuntut Washington untuk membuat konsensinya sendiri terlebih dahulu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement