Senin 27 Aug 2018 14:04 WIB

Putin Rencanakan Kunjungan ke Saudi

Rusia dan Saudi akan membicarakan krisis di Suriah, Yaman, Libya, Palestina.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Dwi Murdaningsih
Vladimir Putin
Foto: EPA/Sergei Chirikov
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin sedang merencanakan kunjungan ke Arab Saudi. Hal itu menyusul undangan dari Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz.

“Kunjungan itu (ke Saudi) sedang dipertimbangkan, tanggalnya akan tergantung pada jadwal presiden (Putin),” kata Utusan Khusus Presiden Rusia untuk Timur Tengah dan Afrika Mikhail Bogdanov, dikutip laman Asharq Al-Awsat.

Pada Oktober 2017, Raja Salman melakukan kunjungan resmi ke Rusia. Dalam kesempatan itu, Raja Salman mengundang Putin untuk berkunjung ke negaranya.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengumumkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov akan mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir di Moskow pada 29 Agustus. Menurutnya, dalam pertemuan itu, Lavrov dan al-Jubeir akan membahas beberapa isu yang menjadi kepentingan bersama, seperti krisis di Suriah, Yaman, Libya, termasuk konflik Palestina-Israel.

Selain itu, keduanya juga akan membahas pelaksanaan kesepakatan yang tercapai saat Raja Salman berkunjung ke Rusia. “Kami menganggap pertemuan mendatang antara dua menteri luar negeri sebagai bagian dari dialog reguler dan berbasis kepercayaan dengan mitra kami Saudi, yang menyangkut berbagai masalah kepentingan bersama,” kata Zakharova.

Zakharova mengungkapkan Rusia berencana menggelar acara kebudayaan di Saudi. “Pekan Budaya Rusia, yang direncanakan digelar di Arab Saudi pada musim gugur, akan berkontribusi meningkatkan hubungan kemanusiaan antara kedua negara,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement