Rabu 29 Aug 2018 19:53 WIB

KNRP Sukses Gelar Qurban Berkah 1439 untuk Palestina

Warga Palestina menyampaikan terima kasih kepada Indonesia dan para donatur.

Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) mengirimkan tim kemanusiaan dalam program Qurban Berkah 1439 Hijriah untuk pengungsi Palestina di Turki Selatan dan Lebanon, belum lama ini.
Foto: Istimewa
Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) mengirimkan tim kemanusiaan dalam program Qurban Berkah 1439 Hijriah untuk pengungsi Palestina di Turki Selatan dan Lebanon, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) sukses menyelenggarakan program Qurban Berkah 1439 Hijriah untuk pengungsi Palestina di Turki Selatan dan Lebanon. KNRP mengirimkan dua tim untuk melaksanakan Program Qurban Berkah 1439 Hijriah.   

Keberangkatan delegasi kemanusiaan ke tempat pengungsi Palestina di Turki Selatan dan Lebanon berlangsung sejak Ahad (19/8) hingga Ahad (26/8). Sekretaris Jendral KNRP Suhartono TB didampingi Bendahara KNRP Caca Cahayaningrat turut melepas para Tim Kemanusiaan KNRP yang dibagi dua tim. 

Tim pertama dipimpin Wilmar Ihsan berangkat menuju tempat pengungsi Palestina di Turki Selatan, yang berbatasan dengan Suriah. Sementara tim kedua dipimpin oleh Azhar Suhaimi menujuu pengungsi Palestina di Lebanon.

‘’Tim Kemanusiaan KNRP hadir ke tempat pengungsi Palestina bersama para mitra KNRP,’’ ujar Ketua Bidang Program KNRP Wilmar Ihsan melalui siaran pers yang diterima Republika, Rabu (29/8). Mitra KNRP yang terlibat dalam aksi kemanusiaan itu, di antaranya Adara Relief, Persaudaraan Muslimah (SALIMAH), serta Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).

KNRP juga mengerahkan relawan dari sejumlah perwakilannya, di antaranya dari Aceh, Jabar, Jatim, Banten, dan Gorontalo. Tim Kemanusiaan KNRP tiba di tempat pengungsian Palestina di Kota Raihanli dan Antakiya, Turki Selatan yang berbatasan langsung dengan Suriah, Senin (20/8). Di hari pertamanya, tim kemanusiaan berbagi pakaian hari raya bersama Anak Yatim dan Dhuafa.

Esok harinya, Selasa (21/8), selesai melaksanakan Shalat Idul Adha, tim kemanusiaan menyembelih hewan qurban, untuk kemudian disalurkan ke tempat-tempat pengungsi. ‘’Anak-anak Palestina sangat bahagia dengan kehadiran saudara mereka dari Indonesia. Terima kasih Indonesia,’’ tambah Wilmar.

photo
Terima Kasih Indonesia dari Palestina

Anak-anak Palestina juga menyampaikan terima kasih kepada Adara Relief, Salimah, dan JSIT yang telah mendampingi KNRP dalam menyalurkan bantuan. Menurut Wilmar, dalam program Qurban Berkah untuk Palestina 1439 Hijriah ini, tim kemanusiaan KNRP bekerjasama dengan Khairu Ummah.

Melalui Khairu Ummah, proses penyaluran bantuan bisa sampai ke Suriah. Sementara di Lebanon, KNRP bekerjasama dengan Human Associaton for Relief and Development (HARD), Ghirass, Takaful, Asy Syathibi, dan Al Amal.

Selain menyalurkan hewan qurban untuk pengungsi Palestina di Turki Selatan dan Lebanon, KNRP juga turut menyembelih hewan qurban untuk warga Palestina di Jalur Gaza. Dalam menyalurkan hewan qurban di Jalur Gaza, Tepi Barat, dan kota Al-Quds, KNRP bekerja sama dengan Gaza Destek, Assalama, dan Sebil.

Untuk Qurban Frozen, KNRP bekerjasama dengan Hayat Yolu, yang proses penyembelihan dan pengemasannya dilakukan di India dan disalurkan untuk rakyat Palestina. ‘’Terima kasih Indonesia, sudah turut jadi bagian dalam menyukseskan program Qurban Berkah untuk Palestina,’’ kata Wilmar.

Kata Wilmar, tahun ini KNRP menyalurkan hewan qurban tidak kurang dari 1.000 ekor kambing atau sama dengan 142 ekor sapi, dengan ratusan ribu jiwa penerima manfaat. Penerima manfaat itu tersebar di Jalur Gaza, Tepi Barat, Suriah, Turki Selatan, Yaman, Sudan, Jordania, dan Lebanon. Program Qurban Berkah 1439 Hijriah mendapatkan dukungan pula dari Komunitas Aku Cinta Islam (ACI), Smart 171, Yayasan Islam El Fidaa Cendikia, MDA Charity, dan Elnusa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement