Ahad 02 Sep 2018 08:42 WIB

Trump Ancam Keluar dari NAFTA

Donald Trump ingin menjalin kesepakatan dengan Meksiko, tanpa Kanada.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Donald Trump
Foto: AP
Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan, Kanada tidak perlu ambil bagian dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Tak hanya itu, Trump juga memperingatkan Kongres agar tidak ikut campur dalam negosiasi NAFTA atau ia akan mengakhiri perjanjian perdagangan trilateral tersebut.

"Tidak ada keharusan secara politik untuk menjaga Kanada dalam kesepakatan NAFTA yang baru, jika kami membuat kesepakatan yang adil untuk AS, Kanada akan keluar, Kongres tidak boleh mengganggu negosiasi ini atau saya akan menghentikan NAFTA sepenuhnya," ujar Trump dalam Twitter pribadinya seperti yang dilansir Reuters, Ahad (2/9).

Baca juga, Kanada tak Gubris Sanksi Saudi.

Pada Jumat lalu, Trump menyampaikan keinginannya kepada Kongres untuk menandatangani kesepakatan bilateral dengan Meksiko. Hal ini dinyatakan setelah perundingan kontroversial dengan Kanada berakhir tanpa kesepakatan.

Sementara itu, anggota parlemen memperingatkan bahwa kesepakatan dengan Meksiko akan sulit mendapatkan persetujuan dari Kongres. Kecuali, Kanada juga diikutsertakan sebagai anggota NAFTA. Dukungan dari Demokrat akan diperlukan untuk menyelesaikan kesepakatan bilateral tersebut.

Adapun Trump pada Senin ini mengancam akan mengenakan tarif mobil buatan Kanada. Hal ini menyusul adanya ketegangan antara Kanada dan AS dalam proses negosiasi NAFTA. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement