Selasa 04 Sep 2018 12:25 WIB

Wamenlu Dorong Kenaikan Gaji TKI Hong Kong

Hal itu disampaikan Wamenlu kepada Menteri Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Hongkong.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir
Foto: plus.google.com
Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Hongkong, Law Chi-Kong. Dalam pertemuan itu, Wamenlu mendorong kenaikan gaji dan kesejahteraan bagi tenaga kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong.

Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa (34/9). Dalam pertemuan itu, Wamenlu RI menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Hongkong yang telah menjadi tuan rumah yang baik bagi para pekerja migran Indonesia.

Wamenlu Fachir mengatakan bahwa perlindungan dan fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Hongkong bagi para pekerja migran telah menjadikan Hongkong sebagai salah satu tujuan favorit dan terbaik bagi pekerja migran Indonesia.

Namun demikian, Wamenlu RI juga menyampaikan perhatian Pemerintah Indonesia terkait masalah kesejahteraan para pekerja migran Indonesia di Hongkong. "Saya juga bermaksud menyampaikan suara hati para pekerja migran kami di sini, terkait kenaikan gaji. Kami berharap Pemerintah Hongkong bisa mengupayakan kenaikan gaji bagi mereka," ujar Wamenlu Fachir.

Menteri Tenaga Kerja Hongkong menyambut baik hal tersebut dan mengungkapkan bahwa Pemerintah Hongkong telah mengkaji upaya kenaikan gaji pekerja migran Indonesia dengan memperhitungkan berbagai faktor ekonomi. Dalam satu hingga dua bulan ke depan, Pemerintah Hongkong akan mengumumkan kenaikan gaji bagi pekerja migran di Hongkong.

Persoalan hutang-piutang yang melanda PMI juga telah menjadi perhatian Pemerintah Hongkong. Pemerintah Hongkong berharap ke depannya dapat dibentuk atau ditunjuk suatu lembaga keuangan resmi yang berfungsi memberikan pinjaman bagi para pekerja migran di Hongkong.

Wamenlu Fachir mengungkapkan bahwa hal tersebut juga menjadi perhatian Pemerintah Indonesia. Wamenlu memngaku pemerintah telah menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Bank BUMN di Hongkong yang dapat memberikan pinjaman bagi para pekerja migran Indonesia.

Di akhir pertemuan, Wamenlu Fachir menyambut baik rencana kunjungan Menteri Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Hongkong ke Indonesia pada akhir 2018. Law Chi-Kong berencana menemui mitra kerjanya di Indonesia, baik dari Kementerian Tenaga Kerja RI maupun BNP2TKI untuk membahas hal-hal terkait upaya perlindungan pekerja migran Indonesia di Hongkong.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement