Selasa 18 Sep 2018 13:19 WIB

Bill Gates Yakin Trump Masih Bisa Dipengaruhi

Trump dinilai tak terpaku oleh satu ideologi tertentu.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Bill Gates
Foto: EPA
Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pendiri Microsoft dan orang terkaya nomor dua saat ini, Bill Gates yakin Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bisa dipengaruhi untuk mengeluarkan dana bantuan luar negeri. Gates mengatakan Trump mempunyai pikiran terbuka dalam membuat kebijakan.

Menurut Gates yang selama dua dekade terakhir aktif sebagai filantropis, Trump tidak terpaku pada satu ideologi tertentu dan terbuka dengan ide baru. Presiden Amerika ke-45 tersebut dapat mengubah kebijakannya terutama bila keputusan tersebut membuatnya terlihat pintar.

 

"Satu hal yang bisa dikatakan, di luar plus atau minusnya, hanya sedikit wilayah ia memiliki ideologi yang pasti, jika ada sesuatu yang ia rasa membuat dia terlihat pintar, terutama jika hal itu dilakukan dengan cara yang berbeda dari sebelumnya, maka ya, saya pikir dia memiliki pikiran yang terbuka," kata Gates. , seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (18/9).

Gates menambahkan, Trump sudah dipengaruhi oleh argumen yang diberikan oleh Menteri Pertahanan Nasional Jim Mattis yang mengungkapkan pentingnya soft power atau kekuatan lembut.

Gates yang mendirikan Bill & Melinda Foundation bersama istrinya Melinda Gates memperingatkan menurunnya perlawanan terhadap kemiskinan dan penyakit pada dekade-dekade ke depan.

Dalam laporan tahunan Bill & Melinda Foundation terlihat populasi di wilayah-wilayah termiskin di dunia tumbuh dengan sangat cepat. Angka kelahiran di Afrika menjadi kemajuan di benua tersebut, tapi hanya jika dunia berinvestasi kepada anak-anak muda di sana.

Laporan tersebut menyatakan jika populasi terus tumbuh tanpa investasi maka pengentasan kemiskinan bisa berhenti. Gates memperingatakan kepada negara-negara Barat untuk tidak mengabaikan Afrika.  "[Stabilitas ini menciptakan] perbedaan besar di seluruh dunia," kata Gates.

Ia mengungkapkan, penyakit seperti Ebola menular dengan sangat cepat. Penyebaran penyakit lain bahkan lebih cepat lagi tanpa ada layanan kesehatan yang memadai.

"Afrika berada di daya tarik yang lain," tambah Gates.

Gates sudah berulang kali menentang kebijakan AS yang memotong anggaran bantuan luar negeri. Akhir tahun lalu Trump memotong bantuan kepada organisasi yang membantu keluarga di negara miskin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement