Sabtu 22 Sep 2018 07:30 WIB

Jamur Dari Kim Jong-un untuk Korsel Senilai Rp 19,83 Miliar

Jamur akan dibagikan ke 500 warga Korsel yang keluarganya terpisah sejak Perang Korea

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).
Foto: Pyongyang Press Corps Pool via AP
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL--Nilai dari dua ton jamur pinus yang dikirim Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke Korea Selatan (Korsel) diyakini mencapai 1,5 miliar won atau Rp 19,83 miliar. Jamur ini diberikan sebagai hadiah pada Kamis, (20/9).

Menurut Federasi Kooperatif Kehutanan Nasional cabang Yangyang, harga jamur pinus alam kelas atas atau kualitas utama adalah 769.100 won per kg. Tidak diketahui di mana jamur tersebut tumbuh. Namun diyakini jamur tersebut merupakan produk kualitas utama dari Gunung Chilbosan di Provinsi Hamgyong Utara.

Juru bicara Presiden Moon Jae-in mengatakan, sebanyak dua ton jamur akan diberikan kepada 4.000 warga Korsel yang telah terpisah dari keluarga mereka di Korut sejak Perang Korea.

Seperti diberitakan the Korea Herald, penerima dipilih berdasarkan usia. Ini memungkinkan yang tertua menerima 500 gram hadiah Kim Jong-un sebelum liburan Chuseok yang berlangsung Ahad hingga Selasa pekan depan.

Berdasarkan perkiraan saat ini, setiap keluarga akan menerima sekitar 380 ribu won dalam bentuk jamur."Korea Utara telah mengirim jamur dengan senang hati. (Jamur; red) membawa aroma pegunungan utara," tulis Moon dalam kartu yang dikirim ke keluarganya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement