Ahad 30 Sep 2018 19:59 WIB

Xi Jinping Ucapkan Belasungkawa kepada Jokowi

Cina memberikan bantuan 200 ribu dolar AS ke Palang Merah Indonesia

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Cina Xi Jinping (kanan) dalam sebuah kesempatan bersama beberapa waktu lalu.
Foto: Antara/Bayu Prasetyo
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Republik Rakyat Cina Xi Jinping (kanan) dalam sebuah kesempatan bersama beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping mengucapkan belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atas bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Dalam pesannya tersebut Xi mengatakan ia terkejut mendengar dampak dari gempa bumi yang mengakibatkan tsunami tersebut.

"Saya terkejut mendengar gempa bumi kuat dan tsunami yang besar menghantam Provinsi Sulawesi Tengah dan sedih dengan banyaknya nyawa yang hilang dan kerusakan yang terjadi," kata Xi seperti dilansir dari China Daily, Ahad (30/9).

Atas nama Pemerintah Cina dan rakyatnya serta atas namanya sendiri, Xi Jinping memberikan belasungkawa yang dalam dan simpati yang tulus kepada Jokowi. Xi juga mengucapkan belasungkawa kepada para korban serta keluarga yang ditinggalkan dan yang terluka.

Xi yang menyebut Indonesia sebagai negara sahabat menawarkan bantuan kepada rakyat Indonesia yang membutuhkan. Xi yakin dibawah kepemimpinan Jokowi yang kuat pemerintah dan rakyat Indonesia dapat melalui bencana ini dan membangun lagi bangunan yang rusak.

Pemerintah Cina melalui Palang Merah mereka juga sudah memberikan bantuan sebesar 200 ribu dolar AS ke Palang Merah Indonesia. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan Palang Merah Cina dalam proses penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah. 

Tidak hanya Cina tapi seluruh negara sahabat sudah mengucapkan belangsungkawa dan menawarkan bantuan kepada pemerintah dan korban bencana yang membutuhkan. Kedutaan Besar Amerika Serikat juga sudah menawarkan bantuan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"Saya telah menghubungi Menteri Luar Negeri Marsudi untuk menyampaikan belasungkawa dan menawarkan bantuan kami. Indonesia adalah mitra penting, dan kami siap bekerja sama untuk memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkan," kata Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement