Rabu 03 Oct 2018 14:18 WIB

Donald Trump Akui Militer AS Bantu Raja Salman Berkuasa

Donald Trump meminta Arab Saudi untuk membiayai militer yang mendukung kerajaan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Presiden AS, Donald Trump (kiri) bersama Raja Salman (kanan)
Foto: Arab News
Presiden AS, Donald Trump (kiri) bersama Raja Salman (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, MISSISIPI -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membuat deklarasi pernyataan tidak diplomatis mengenai hubungan sekutu AS dengan Arab Saudi. Dia menyatakan Raja Salman tidak dapat mempertahankan kekuasaannya selama dua minggu tanpa dukungan militer AS.

"Kami melindungi Arab Saudi. Bisa dibilang mereka negara kaya, dan saya suka Raja Salman. Tapi saya mengatakan 'Raja Salman...kami melindungi Anda, Anda mungkin tak akan bertahan dalam dua minggu tanpa bantuan kami, Anda harus membayar militer kami," ujar Trump kepada pendukungnya di Southaven, Mississippi, seperti dikutip laman Reuters, Rabu (3/10).

Trump tidak mengatakan kapan dia membicarakan hal itu dengan Kerajaan Saudi. Meski mengeluarkan pernyataan keras, pemerintahan Trump memiliki hubungan dekat dengan Arab Saudi sebagai benteng sekutu melawan ambisi Iran di wilayah teluk. Trump pun membuat perjalanan internasional perdananya dengan mengunjungi Arab Saudi.

Menurut Saudi State New Agency, Trump menelpon Raja Salman pada Sabtu lalu, membahas upaya yang dilakukan untuk mempertahankan pasokan minyak guna memastikan stabilitas pasar dan pertumbuhan ekonomi global.

Arab Saudi merupakan pengekspor minyak utama dunia dan pemimpin de facto OPEC. Namun, Trump mengkritik OPEC karena harga minyak tinggi di Majelis Umum PBB.

“Kami membela banyak negara tanpa imbalan, kemudian mengambil keuntungan dengan memberi kami harga minyak yang tinggi. Tidak baik. Kami ingin mereka berhenti menaikkan harga, kami ingin mereka mulai menurunkan harga, ”kata Trump.

Dia juga menekan sekutu AS lainnya, seperti Jepang, Korea Selatan dan Jerman, untuk lebih membiayai pertahanan mereka.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement