Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Kim Jong-un dan Trump Masuk Bursa Penerima Nobel

Jumat 05 Okt 2018 16:06 WIB

Rep: Fergi Nadira/Idealisa/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6).

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).

Foto: Pyongyang Press Corps Pool via AP
Ada 331 nominator pemenang nobel perdamaian.

Kim Jong-un dan Moon Jae-in

Kedua pemimpin negara di Semenanjung Korea ini beberapa pekan lalu melakukan pertemuan bersejarah untuk upaya mengakhiri perang selama 65 tahun antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan, Mon Jae-in telah menggelar tiga pertemuan  sejak April tahun hingga September lalu. Kim Jong-un berjanji bersikap serius dalam upaya meredakan ketegangan di Semenanjung Korea. Ia juga ingin melanjutkan proses denuklirisasi.

Sementara Moon menjadi mediator utama pertemuan antara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump.  Pasangan ini kini menjadi favorit di Ladbrokes atau taruhan Inggris.

Donald Trump

Presiden yang kerap menulis status di Twitter ini, dijadikan favorit pula oleh sejumlah orang. Dia adalah pemimpin pertama negara berpengaruh yang bertemu dengan Kim Jong-un di Singapura Juni lalu.  Pertemuannya itu diselenggarakan, usai Trump mengancam Korea Utara soal pelucutan nuklirnya.

Sekelompok anggota parlemen Republik yang terdiri dari 18  anggota, mengajukan Trump kepada komite Nobel pada Mei. Mereka menominasikan Trump sebagai sosok yang mempengaruhi untuk mengakhiri Perang Korea, denuklirisasi semenanjung Korea, dan membawa perdamaian ke wilayah tersebut.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA