Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Kim Jong-un dan Trump Masuk Bursa Penerima Nobel

Jumat 05 Oct 2018 16:06 WIB

Rep: Fergi Nadira/Idealisa/ Red: Teguh Firmansyah

Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6).

Angela Merkel

Foto: EPA-EFE/NDR/Wolfgang Borrs
Ada 331 nominator pemenang nobel perdamaian.

Angela Merkel

Kanselir Jerman atau kerap dikenal  telah menyambut ratusan ribu pengungsi Suriah ke negaranya, Jerman, meski menghadapi reaksi politik yang keras di dalam negeri. Merkel sebelumnya dianugerahi penghargaan Saint Francis Lamp for Peace tahun ini setelah dia membedakan dirinya dalam pekerjaan rekonsiliasi dan koeksistensi damai.

Merkel mengatakan, lebih banyak orang mengungsi pada 2017 daripada waktu lainnya.

Sisanya

Pesaing lain untuk Nobel Perdamaian dunia adalah Denkis Mukwege seorang dokter ginekolog Kongo yang menyuarakan tegas menentang kekerasan seksual.

Raif Badawi seorang blogger Saudi yang dipenjara karena menyuarakan hak perempuan Saudi. Blogger asal Arab Saudi ini telah dipenjara sejak 2013 atas tuduhan menghina Islam melalui saluran elektronik. Dia juga dikenai hukuman cambuk. Istrinya Ensaf Haidar telah berkampanye untuk pembebasannya.

Persatuan Kebebasan Sipil Amerika (ACLU) sebuah organisasi hukum Amerika juga ada dalam prediksi pemenang nobel. ACLU menentang kebijakan Trump, seperti larangan perjalanan warga yang dikenal dengan pemisahan keluarga imigran yang hingga kini tengah berjalan.

Selain itu, para pelaku taruhan Nobel perdamaian ini juga memberi peluang bagi mantan pemimpin Catalan, Carles Puigdemont yang melarikan diri ke Belgia setelah referendum kemerdekaan yang gagal tahun lalu. Nama Jeremy Corbyn dan Theresa May juga terikat di Ladbrokes dengan peluang 100-1.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA