Rabu 10 Oct 2018 22:59 WIB

Fosil Telur Dinosaurus Berusia 80 Juta Tahun Ditemukan di Ci

Fosil telur dinosaurus akan dibawa ke Museum Yiwu untuk diteliti.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini
Telur dinosaurus
Foto: afp
Telur dinosaurus

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Sebanyak 15 fosil telur dinosaurus ditemukan di Provinsi Zhejiang, Cina. Telur-telur tersebut diperkirakan telah berusia 80 juta tahun.

Fosil telur dinosaurus tersebut ditemukan di desa Guanyintang di Yiwu. Menurut direktur dan peneliti di Dapartemen Ilmu Bumi Museum Sejarah Nasional Zhejiang Du Tianming mengatakan, fosil telur itu berasal dari era Mesozoik, yakni sekitar 80 juta tahun lalu.

Tianming mengatakan fosil-fosil telur dinosaurus itu akan dibawa ke Museum Yiwu untuk diteliti. “Ini akan membantu mempopulerkan pendidikan sains di masa depan, serta meningkatkan penilitian geografis lokal,” ujarnya, dikutip laman the Global Times pada Selasa (9/10).

Desa Guayintang, yang terletak di persimpangan Yiwu dan Dongyang, telah dikenal berkat penemuan beberapa jejak kaki dinosaurus beberapa tahun lalu. Fosil dinosaurus di Provinsi Zhejinag terkenal karena penyebarannya yang luas, spesiesnya yang beragam dan langka, serta berhabitat ganda. Kendati demikian, penemuan fosil telur dinosaurus di desa Guanyintang, menurut Tianming, jarang terjadi.

Fosil dinosaurus dan telurnya telah sering ditemukan di Provinsi Zhejiang dalam beberapa tahun terakhir. Setidaknya terdapat enam fosil spesies dinosaurus dan 24 spesies telur yang ditemukan dan telah teridentifikasi dari wilayah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement