Ahad 14 Oct 2018 17:15 WIB

Anwar Ibrahim Sebut Kemenangannya di Luar Ekspektasi

Anwar mengatakan telah menghubungi Perdana Menteri Mahathir Mohamad

Rep: Nursya'bani/ Red: Esthi Maharani
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (kanan) bersama Anwar Ibrahim (kiri)
Foto: The Star
Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (kanan) bersama Anwar Ibrahim (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, PORT DICKSON - Anwar Ibrahim mengatakan kemenangannya dalam pemilihan sela pada Sabtu (13/10) benar-benar di luar ekspektasinya. Koalisi Pakatan Harapan memperoleh 70 persen suara populer, melebihi 48 persen yang dikumpulkan dalam Pemilihan Umum ke-14 (GE14) untuk kursi parlemen di Port Dickson.

“Sekarang kami mendapatkan kepercayaan dari semua ras, di daerah-daerah tempat orang-orang Melayu menjadi mayoritas, tempat etnis Cina menjadi mayoritas, dan orang-orang India menjadi mayoritas, tidak lupa juga masyarakat Orang Asli," ujar Anwar dalam konferensi pers di ruang operasi utama koalisi Pakatan Harapan, Sabtu (13/10).

“Di dua negara bagian di bawah konstituensi parlemen Port Dickson (Bagan Pinang dan Linggi) yang sebelumnya kami telah kehilangan suara saat pemilu ke-14, telah berhasil kami menangkan dengan suara mayoritas besar,” tambah dia.

Anwar diumumkan sebagai pemenang setelah mengumpulkan 23.560 suara dan berhasil mengalahkan enam pesaing lainnya. Anwar, yang juga terpilih sebagai Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) mengatakan suara dari personil Angkatan Bersenjata Malaysia yang sebelumnya kurang menguntungkan bagi koalisi Pakatan Harapan juga melonjak hampir 122 persen dari pemilihan umum terakhir.

"Tentu saja saya ingin memberikan penghargaan saya kepada Port Dickson, konstituen parlemen baru bagi saya, dan saya sangat terkesan dengan dukungan ini. Saya hanya bisa berjanji kami akan melakukan yang terbaik untuk Port Dickson," kata Anwar.

Anwar mengatakan dia juga telah menghubungi Perdana Menteri Mahathir Mohamad untuk memberitahukan tentang kabar baik ini. "Perdana Menteri bangga dengan hasilnya," tutur dia.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan saya kepada beliau (Mahathir), Partai Bersatu, Partai Amanah, dan Democratic Action Party (DAP) serta Tan Sri Muhyiddin Yassin (Presiden Partai Bersatu), yang juga turun untuk membantu kampanye meskipun kondisi kesehatannya sedang tidak baik," kata Anwar.

Anwar percaya semangat konsensus yang dibawa koalisi Pakatan Harapan telah membawa mandat yang kuat untuknya dalam pemilihan sela ini. Dia juga bersyukur proses pemilihan berjalan dengan lancar dan menyampaikan apresiasinya kepada pendukung Pakatan Harapan dalam membantu mengupayakan kemenangannya.

Dia mengatakan akan dilantik sebagai anggota parlemen pada Senin (15/10) dan berjanji untuk membawa perubahan dalam lembaga itu bersama dengan anggota parlemen lainnya.

"Saya akan terus bertugas sebagai anggota parlemen dan membantu teman-teman lain, terutama anggota senior parlemen seperti Lim Kit Siang untuk merumuskan reformasi dan mengadakan forum serta diskusi dengan para menteri dari waktu ke waktu," papar Anwar.

Konferensi pers yang dilakukan Anwar terkait kemenangannya ini juga dihadiri oleh istri Anwar, Wan Azizah Wan Ismail, yang kini menjabat sebagai wakil perdana menteri Malaysia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement