Rabu 17 Oct 2018 23:48 WIB

Festival Film Meriahkan 70 Tahun Hubungan Indonesia-India

Film sebagai aset diplomasi sangat berpotensi untuk mempromosikan Indonesia.

Kisah Mahabarata
Foto: Wikimedia
Kisah Mahabarata

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk India Sidharto Suryodipuro berencana akan membuat festival film untuk memperingati 70 tahun hubungan antara Indonesia dan India. Dia menganggap Indonesia dan India, yang memang sudah memiliki hubungan hangat sejak dulu, juga memiliki banyak kesamaan dan ketertarikan.

"Kita hendak bersinergi antara KBRI, Kemendikbud, Badan Perfilman Indonesia, dengan para sineas Indonesia, tahun depan untuk membuat kegiatan di New Delhi dan di Mumbai, untuk mempromosikan film Indonesia," kata Sidharto, Selasa (16/10).

Dia juga menilai film sebagai salah satu aset diplomasi sangat berpotensi untuk mempromosikan berbagai hal tentang Indonesia yang akan berujung pada tujuan-tujuan tertentu. Terlebih, negara India memang sudah terkenal dengan industri perfilmannya atau yang disebut Bollywood.

Empat Film Indonesia Ramaikan Delhi International Film Fest

"Ini adalah untuk membangun brand Indonesia di India. Dengan brand Indonesia yang menguat, maka harapannya akan membantu berbagai upaya kita di India, apa itu pariwisata, apa itu perdagangan, dan berbagai bidang," kata Sidharto.

KBRI di New Delhi akan berupaya serius dalam hal penyelenggaraan festival film Indonesia dan India tersebut mulai dari mengidentifikasi penonton hingga pemilihan film yang akan diputarkan. Bahkan Sidharto mengatakan festival film dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomasi ini akan diadakan di kedua kedutaan besar di Indonesia maupun di India.

Menurut dia, masyarakat India mengagumi hal-hal yang ada di Indonesia namun sangat kental dengan unsur India. Misalnya saja patung-patung tokoh Mahabharata yang ada di Bali, kisah Ramayana yang dipentaskan dalam Jawa dan di Pulau Dewata, atau bahkan nama-nama yang lekat dengan Hindu namun dipakai pada nama masyarakat Indonesia.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement