Kamis 18 Oct 2018 04:30 WIB

Kota Bernada Muslim Allahabad Diubah Jadi Berdialek Hindu

Keputusan untuk mengubah nama tersebut diputuskan lewat rapat kabinet.

Jamaah Muslim di Allahabad, India.
Foto: AP PHOTO/Rajesh Kumar Singh
Jamaah Muslim di Allahabad, India.

REPUBLIKA.CO.ID, ALLAHABAD -- Otoritas India mengubah nama kota bersejarah Allahabad di utara negara bagian Uttar Pradesh. Nama Kota yang bernada Muslim itu berubah menjadi Prayagraj yang berdialek Hindu.

"Allahabad, kota dengan lebih dari sejuta penduduk, sekarang diganti menjadi Prayagraj," ujar pejabat senior dari Partai Bharatiya Janata kepada wartawan, Selasa (17/10).

Baca Juga

Siddart Nath Singh, menteri kesehatan di Uttar Pradesh mengatakan, keputusan untuk mengubah nama tersebut diputuskan lewat rapat kabinet. Hal itu menyusul proposal yang diajukan oleh kepala menteri yang mengepalai negara bagian Uttar Pradesh, Yogi Adityanath.

"Semua anggota kabinet senang, Allahabad berubah menjadi Prayagraj," ujarnya seperti dilansir Indian Express.

Nama Allahabad yang merupakan kampung halaman perdana menteri Jawaharlal Nehru diberikan oleh pemimpin Muslim Mughal pada abad ke-16.  Adapun nama baru Prayagraj, mengaju pada pertemuan antara Sungai Gangga dan Yamuna yang merupakan tempat festival Hindhu Kumbh Mela. Festival itu berlangsung pada Januari.

Baca juga, Bagian Masjid Sengaja Dihancurkan Demi Pelebaran Jalan.

Onkar Singh, juru bicara dari kelompok oposisi sebelumnya mengatakan, perubahan nama mengecilkan peran kota tersebut saat perjuangan India untuk merdeka dari Inggris.  Ia menyebut kota itu sebagai pusat inspirasi. Di sana digelar sejumlah pertemuan penting, termasuk konferensi pemimpin India pada akhir abad ke-19.

Perubahan nama kota itu terjadi di tengah kritik terhadap Perdana Menteri Narendra Modi yang coba menghapus keberagaman sejarah dan identitas India. Seperti dikutip Aljazirah, setelah Adityanath ditunjuk untuk memimpin Uttar Pradesh tahun lalu, ia telah mengusulkan sejumlah perubahan nama bangunan-bangunan peninggalan era Mughal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement