Sabtu 20 Oct 2018 11:15 WIB

JK Sampaikan Empat Pandangan dalam KTT ASEM

Di KTT ASEM, JK ajak perkuat multilateralisme di tengah ketidakpastian global.

Jusuf Kalla
Foto: AP/Olivier Matthys
Jusuf Kalla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla (JK) menyampaikan empat pandangan dalam KTT Pertemuan Asia-Eropa (Asia-Europe Meeting/ASEM) ke-12. Ia menyerukan peserta KTT ASEM untuk memperkuat multilateralisme di tengah situasi ketidakpastian global, ancaman perang dagang, dan tantangan yang semakin kompleks.

Pertama, menurut JK, ASEM harus menjadi platform untuk mempromosikan sistem perdagangan internasional berbasis aturan. "Kita dapat bertindak sebagai platform koordinasi untuk memodernisasi dan mereformasi WTO, sehingga membuat badan ini lebih transparan dan efektif," kata JK pada KTT ASEM ke-12 di S5, Gedung Europa-Brussels, Belgia Jumat (19/10) waktu setempat, demikian siaran pers Sekretariat Wakil Presiden.

Sebagai contoh, JK menceritakan Indonesia yang baru saja berhasil menyelenggarakan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali. Pertemuan tersebut menekankan perlu meningkatkan koordinasi dan kolaborasi untuk mengurangi ketegangan serta untuk mempromosikan dialog terbuka dan reformasi.

Kedua, ASEM harus menjadi platform untuk membangun ekosistem antar dan intra-regional untuk perdamaian dan stabilitas. "Saya mendorong ASEM untuk meningkatkan pendekatan konstruktifnya dalam menghadapi tantangan keamanan regional dan global saat ini, dengan mendorong dialog untuk mencapai solusi damai dan mengatasi masalah kemanusiaan, termasuk pengungsi," katanya lagi.

Ketiga, ASEM harus menjadi platform lintas wilayah untuk mempromosikan pelaksanaan komitmen yang disepakati secara internasional, seperti Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dan Perjanjian Paris. Keempat, ASEM perlu memperkuat konektivitas di antara para mitranya.

"Saya senang bahwa upaya telah dilakukan untuk menindaklanjuti saran Indonesia, seperti untuk mengarusutamakan konektivitas dan masalah infrastruktur dalam prioritas ASEM, antara lain oleh kerja pathfinder Group on Connectivity," katanya pula.

Menutup pidatonya, JK mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, ASEM telah menjadi landasan efektif untuk berbagi pelajaran yang dipetik dan praktik terbaik dalam berbagai isu. Tetapi, ada ruang untuk perbaikan dengan maksud untuk meningkatkan dampak dan visibilitas ASEM untuk kepentingan rakyat.

"Melihat sekeliling ruangan, pada tingkat kehadiran dalam pertemuan penting ini. Saya yakin bahwa kita memiliki setiap potensi untuk mencapai tujuan ini," kata JK.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement