Jumat 26 Oct 2018 07:30 WIB

Putra Mahkota Saudi Sebut Gunung Thawiq, Ternyata Eksotis!

Perbukitan cadas ini termasuk salah satu kawasan eksotis di dunia.

Bukit Thawiq
Foto: Alarabiya
Bukit Thawiq

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH— Masih ingatkah Anda dengan Gunung Thawiq yang dijadikan perumpaan dan personifikasi oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Muhammad bin Salman (MBS) dalam pidatonya di hadapan peserta Konferensi Inisiatif Investasi Masa Depan (FII) di Riyadh, Rabu (24/10)?

Dalam kesempatan itu, mengutip Alarabiya, MBS mendapat kesempatan berbicara bersama Raja Bahrain Emir Salman bin Hamad Alu Khalifah, Perdana Menteri Lebanon Sa’ad al-Hariri. Hadir dalam pertemuan itu pula Wakil Menteri Uni Emirat Arab.

MBS menganggap dirinya beruntung karena hidup di tengah-tengah bangsa yang gigih dan agung sembari meminta publik, dengan nada bercanda, untuk tidak mempercayainya, tetapi cukup melihat pada capaian-capaian angka. “Semangat bangsa Saudi seperti gunung cadas Thawiq yang tak akan pecah dan tak akan rata dengan tanah,” tutur dia. 

photo
Bukit Thawiq

Bukit cadas Thawiq, merupakan salah satu perbukitan di Arab Saudi yang penampakannya terlihat hingga jarak 800 meter. Perbukitan cadas ini memanjang dari kawasan Zulfay, timur Riyadh hingga kuartal kosong di Lembah Dawasir. 

Disebut Thawiq karena menyerupai thuq (dalam bahasa Arab berarti kerah). Bukit Thuwaiq ini terkenal eksotis dan termasuk salah satu  perbukitan cadas indah di dunia. 

Selama musim semi, akan didapati lebih dari 2000 macam semak yang tumbuh di kawasan bukit ini. Keindahan bukit ini juga pernah dikutip Amar bin Kultsum, penyair Arab jahiliyah 1.500 tahun lalu

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement