Sabtu 27 Oct 2018 03:47 WIB

Datangi Kedubes Saudi, Aktivis Protes Pembunuhan Khashoggi

Pembunuhan jurnalis tersebut dikutuk secara internasional.

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Andi Nur Aminah
Jamal Khashoggi
Foto: Metafora Production via AP
Jamal Khashoggi

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sekelompok teman dari wartawan yang terbunuh Jamal Khashoggi meminta pihak berwenang Arab Saudi untuk menyerahkan jasad Khashoggi dan menghukum mereka yang terlibat. Pembunuhan jurnalis tersebut dikutuk secara internasional.

Kelompok aktivis ini berkumpul di depan Kedutaan Arab Saudi di London. Mereka membuat pernyataan pers yang menuntut hukuman bagi pembunuh yang sesungguhnya.

Baca Juga

Osama Rushdi, seorang teman dekat Khashoggi dan anggota Organisasi Media Turki-Arab mengatakan, banyak Muslim terkejut dengan pembunuhan Khashoggi. Apalagi, banyak Muslim yang ingin bertolak ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji maupun umrah namun takut akan kehidupan mereka.

"Kami akan terus bertanya kepada pemerintah Saudi, pertanyaan-pertanyaan ini dan kami tidak akan meninggalkan mereka sendirian, sampai mereka menjawab pertanyaan kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan," katanya seperti diberitakan Anadolu Agency, Jumat (26/10).

Seorang aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Osama Gaweesh pun meneriakkan hal serupa. "Kami ingin orang yang memerintahkan pembunuhan ini (dihukum, Red)," ujar dia. Setelah beberapa hari menyangkal mengetahui keberadaan Khashoggi, para pejabat Saudi pekan lalu mengakui wartawan tersebut tewas di dalam Konsulat Saudi di Istanbul.

Di tengah kehebohan yang sedang terjadi atas kematian Khashoggi, Raja Saudi Salman telah memecat Wakil Kepala Badan Intelijen Saudi dan seorang pembantu utama. Ia juga telah memerintahkan penangkapan 18 tersangka dalam kasus tersebut.

Sementara itu, para pemimpin dunia terus mendesak otoritas Saudi untuk mengklarifikasi pembunuhan jurnalis tersebut. Gaweesh mengatakan, para pejabat Saudi mengakui pembunuhan Khashoggi hanya setelah ada tekanan dari Presiden Turki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement