Kamis 01 Nov 2018 10:57 WIB

Kim Jong-un akan Kunjungi Korea Selatan

Kim menerima undangan Moon untuk mengunjungi Seoul.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).
Foto: Pyongyang Press Corps Pool via AP
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bersalaman dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pyongyang, Rabu (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in mengatakan pada Kamis (1/11), pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan segera mengunjungi Seoul. Moon menyampaikan berita itu dalam sebuah pidato di hadapan parlemen, tetapi tidak menjelaskan detail lebih lanjut.

Fox News melaporkan, kedua pemimpin Korea itu mengumumkan pada September lalu bahwa Kim telah menerima undangan Moon untuk mengunjungi Seoul, meski tidak jelas kapan kunjungan akan dilakukan.

Kim mengatakan dia berjanji pada Moon akan berkunjung dalam waktu singkat. Moon lalu berkata Kim telah setuju untuk mengunjungi Seoul di tahun ini, kecuali jika keadaan tidak memungkinkan. Jika Kim berkunjung, dia akan menjadi pemimpin Korut pertama yang mengunjungi ibu kota Korsel sejak Perang Korea 1950-1953, yang berakhir dengan gencatan senjata.

Adik Kim, Kim Yo-jong, telah menjadi anggota pertama dari keluarga Kim yang mengunjungi Seoul pada Februari lalu. Saat itu, ia menghadiri Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang sebagai utusan khusus dan menyampaikan keinginan Kim untuk bertemu dengan Moon.

Moon juga mengungkapkan, KTT kedua antara Korut dan Amerika Serikat (AS) telah dekat. Ia menambahkan, Presiden Cina Xi Jinping diperkirakan akan mengunjungi Korut dan Kim akan melakukan perjalanan ke Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement