Kamis 01 Nov 2018 21:20 WIB

Jepang Tawarkan Kelengkapan Fasilitas Destinasi Wisata Halal

Jepang menyediakan masjid, mushala, hingga restoran halal untuk wisatawan muslim.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Senior Advisor Asosiasi Bisnis Halal Jepang Fumihiro Sakai saat di Studio Republika TV, Kamis (1/11).
Foto: Fafa/Republika
Senior Advisor Asosiasi Bisnis Halal Jepang Fumihiro Sakai saat di Studio Republika TV, Kamis (1/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri pariwisata Jepang membidik wisatawan muslim dari Indonesia. Asosiasi Bisnis Halal Jepang telah memastikan kenyamanan para wisatawan muslim di negeri Sakura.

Senior Advisor Asosiasi Bisnis Halal Jepang Fumihiro Sakai menjelaskan bahwa kota- kota utama pariwisata Jepang telah menyediakan masjid, mushala, dan banyak restoran halal.

"Untuk menyambut wisatawan muslim pada Olimpiade 2020, pemerintah telah menyediakan sekitar 100 masjid, 1000 mushola serta restoran-restoran halal," ujar Sakai saat berkunjung ke Republika.co.id, Kamis (1/11).

Fasilitas- fasilitas tersebut dapat ditemui oleh para wisatawan muslim di stasiun-stasiun besar di tiap prefektur di Jepang. Selain itu, restoran-restoran halal di sana juga mulai menyediakan mushala untuk para konsumen. Pemerintah Jepang bahkan menyediakan Mobile Mosque atau mesjid berjalan yang mempermudah wisatawan muslim mencari tempat beribadah.

Menurut Sakai, meskipun tidak banyak warga Jepang yang beragama Islam, namun mereka kini sudah mulai terbuka dengan industri halal. Potensi industri halal global yang besar, khususnya dari Indonesia, membuat Jepang membuka diri dengan konsep muslim friendly tour.

"Korea dan Cina banyak yang datang ke Jepang, tapi wisatawan muslim, seperti dari Indonesia, potensinya lebih banyak," ujar pemilik Samurai Travel Inc.

Pemerintah bahkan banyak membuat seminar untuk warga lokal mengenai muslim dan industri halal. Peminatnya, kata Sakai, sangat banyak, dan itu menunjukkan bahwa masyarakat Jepang sangat tertarik untuk mengembangkan wisata ini.

"Orang Jepang masih banyak belajar mengenai itu. Restoran, karena mereka mau banyak konsumen, jadi mereka belajar menyiapkan makanan halal," kata Sakai.

Dengan berbagai persiapan itu, penduduk serta pelaku industri di kota-kota yang menjadi tujuan utama para wisatawan seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, dan Hokkaido dinilai telah siap menjamu para wisatawan muslim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement