Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Teleskop Hubble Temukan 'Wajah Tersenyum' di Antara Bintang

Senin 05 Nov 2018 13:31 WIB

Red: Ani Nursalikah

'Bintang tersenyum yang tertangkap teleskop Hubble, disebabkan oleh cahaya yang melintasi suatu objek besar dengan daya gravitasi tinggi sehingga membuatnya melengkung.

'Bintang tersenyum yang tertangkap teleskop Hubble, disebabkan oleh cahaya yang melintasi suatu objek besar dengan daya gravitasi tinggi sehingga membuatnya melengkung.

Foto: ESA/Hubble and NASA
Letak wajah tersenyum tersebut berada pada gugusan galaksi SDSS J0952 + 3434.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- teleskop hubble selama ini telah meneropong ke relung-relung ruang angkasa. Kini relung tersebut "menatap" balik dengan " wajah tersenyum ". Dalam citra teleskop yang diposting di situs NASA, tampak dua cahaya kuning (seperti mata) di atas lengkungan cahaya (seperti bibir tersenyum), di tengah lautan bintang-bintang.

Menurut NASA, lengkungan tersebut terjadi karena disebabkan cahaya yang melewati sumber gravitasi besar sehingga menyebabkannya membengkok. " galaksi di bagian bawah yang berbentuk busur memiliki karakteristik khas galaksi yang telah dilensa gravitasi," kata NASA.

Cahayanya melewati suatu objek sangat besar dalam perjalanannya ke arah kita, menyebabkannya terdistorsi. Letak wajah tersenyum tersebut berada pada gugusan galaksi SDSS J0952 + 3434.

Citra yang ditangkap teleskop ini diambil ketika NASA melakukan pencarian guna memahami proses terjadinya bintang baru. "Bintang tercipta dalam awan gas raksasa. Awan raksasa ini atau pembibitan bintang, tumbuh tak stabil dan runtuh karena daya gravitasi, lalu jadi benih yang tumbuh menjadi bintang baru," kata NASA.

Dengan menganalisis luminositas, ukuran dan tingkat pembibitan bintang yang berbeda, para peneliti berharap mempelajari proses pembentukan bintang baru. "Mempelajari pembibitan dalam galaksi berbeda akan memberikan informasi tentang pembentukan bintang di berbagai titik ruang dan waktu di seluruh alam semesta," jelasnya.

Teleskop Wide Field Camera 3 (WFC3) dari Hubble memiliki kemampuan melihat galaksi dengan resolusi sangat tinggi yang dibutuhkan dalam menemukan dan mempelajari lahirnya bintang-bintang.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-11-05/teleskop-hubble-temukan-bintang-tersenyum/10465668
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA