Rabu 14 Nov 2018 08:47 WIB

Tampak Berbisik, Dubes Qatar dan Hamas Justru Dikecam

Protes atas Qatar oleh sejumlah warga Gaza tak cuma sekali.

Dubes Qatar untuk Palestina al-Ummadi berpelukan bersama anggota Hamas
Foto: Alarabiya
Dubes Qatar untuk Palestina al-Ummadi berpelukan bersama anggota Hamas

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah video terbaru dari Duta Besar Qatar untuk Palestina Muhammad al-Ummadi saat bertemu dengan sejumlah anggota Hamas di antaranya Khalil al-Hayyah, menuai protes di dunia maya. Protes ini juga tak sekali ini terjadi di dunia maya. 

Di dunia nyata, dalam perjalanannya ke Kamp Pengungsian al-Audah, konvoi kendaraan al-Ummadi bahkan sempat dihadang dengan lemparan batu oleh sejumlah warga Palestina.   

Al-Ummadi mengunjungi wilayah timur Jalur Gaza, beberapa waktu lalu untuk melakukan kunjungan ke Kamp Pengungsian al-Audah, di wilayah yang sama. 

Dalam video itu, tampak al-Ummadi tengah berbisik-bisik dengan Khalil. Tak elak, pemandangan ini memicu reaksi keras dari sejumlah warga net di Timur Tengah. Sebagian bahkan ada yang memberi komentar dialog imajinatif yang terjadi di antara kedua tokoh itu. Al-Ummadi: “Tetap diam ya.” Khalil : “Baiklah”

Protes tersebut menyusul langkah Qatar yang menyalurkan dana bantuan Gaza melalui Israel secara diam-diam. Sumbangan dari Qatar telah diterima pada Kamis (8/11). Menurut mereka, dana tersebut merupakan dana awal dari bantuan sebesar 90 juta dolar AS yang dijanjikan Qatar.

Menurut kantor berita resmi Qatar, uang yang disumbangkan itu akan menguntungkan 27 ribu pegawai negeri sipil yang dipekerjakan Hamas sejak 2007. Di Gaza terdapat lebih dari 40 ribu pegawai negeri sipil.

Aanggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Wasel Abu Youssef mengkritik tindakan yang dilakukan Qatar. Menurutnya, hal itu akan semakin memperdalam perpecahan di internal Palestina.

Abbas diketahui telah memangkas anggaran untuk Gaza. Hal itu menyebabkan gaji untuk puluhan ribu pegawai negeri sipil Palestina di sana terhambat. Pemangkasan anggaran merupakan salah satu cara Abbas menekan Hamas agar melimpahkan kontrol atas Gaza kepada Otoritas Palestina.

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement