Jumat 07 Dec 2018 05:10 WIB

Pendiri Pizza Express Peter Boizot meninggal

Pizza Express memiliki 490 cabang di seluruh Inggris dan Irlandia.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Muhammad Hafil
Peter Boizot
Foto: twitter
Peter Boizot

REPUBLIKA.CO.ID, PETERBOROUGH -- Pendiri restoran Pizza Express, Peter Boizot meninggal dunia di usianya yang ke-89. Dia meninggal pada Kamis (6/9) waktu setempat.

Peter Boizot menemukan hidangan Italia saat bekerja di Florence sambil sekolah. Dia membuka restoran Pizza Express pertama di Wardour Street, Soho, pada tahun 1965 dan sekarang memiliki 490 cabang di seluruh Inggris dan Irlandia.

Dia tetap dekat dengan kota kelahirannya Peterborough dan memiliki Peterborough United dari akhir 1990-an. Peter lahir pada tahun 1929 di Peterborough dan pergi ke sekolah di kota sebelum pergi ke Universitas Cambridge.

Saudara perempuannya, Clementine Allen, mengatakan dia mengingat Peter dengan menyewa lada, memasukan dalam sebuah oven dan menjual pizza yang dibungkus dengan serbet. Dan juga dia bekerja dengan Italia Enzo Apicella untuk mengembangkan tampilan pizzanya.

Peter adalah seorang pencinta musik jazz dan pada tahun 1969 mendirikan Pizza Express Jazz Club di ruang bawah tanah salah satu restorannya. Direktur pengelola Pizza Express Zoe Bowley mengatakan akan sangat merindukannya dan dia merupakan pengusaha luar biasa.

"Dia meluncurkan revolusi kuliner dengan Pizza Express pertama pada tahun 1965, memperkenalkan pizza lezat dan makan santai ke Inggris, terinspirasi oleh perjalanannya di Italia,” ucapnya, dilansir dari BBC.

Dia menambahkan Peter itu cerdas untuk mengatur semuanya. Tidak hanya di dalam industri makan, tetapi juga di musik, olahraga, dan amal. Dia juga memiliki Broadway teater kota dan Great Northern Hotel selama tahun 2000-an. Pizza Express dijual ke perusahaan ekuitas swasta China Hony Capital seharga 900 juta pada tahun 2014.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement