Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Thursday, 17 Rabiul Awwal 1441 / 14 November 2019

Senator Ingin Hentikan Dukungan AS ke Saudi

Kamis 13 Dec 2018 15:54 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah

Jamal Khashoggi

Jamal Khashoggi

Foto: AP/Virginia Mayo, File
Resolusi ini merupakan teguran keras ke Saudi atas pembunuhan Khashoggi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Senator-senator Amerika Serikat akan melakukan pemungutan suara untuk menentukan resolusi yang meminta pemerintahan AS menarik dukungan militer ke koalisi yang dipimpin Arab Saudi dalam perang Yaman. Resolusi ini sebagai teguran keras kepada Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

"Saya pikir setiap anggota badan legislasi ini berbagi keprihatinan besar tentang pembunuhan Khashoggi dan ingin hal itu dipertanggung jawabkan," kata Senator dari partai Republik, Mitch McConnell dalam sidang, Kamis (13/12).

Para senator juga sedang mempertimbangkan untuk membuat resolusi terpisah yang mengutuk pembunuhan Khashoggi. Pemungutan suara ini dilakukan karena mereka  frustasi atas sikap pemerintahan Trump dalam menanggapi pembunuhan yang dilakukan pada 2 Oktober lalu itu.

Baca juga, Khashoggi Menguap, Trump Tersandera dan MBS Bertahan.

Badan Intelijen AS (CIA) sudah memberikan kesimpulan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman yang bertanggung atas pembunuhan Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki. Menurut CIA setidaknya MBS mengetahui tentang rencana pembunuhan tersebut.

Tapi Presiden AS Donald Trump tetap bersikukuh untuk tetap mendukung MBS. Sebanyak 60 senator mendukung resolusi ini dan 39 lainnya menentangnya. Memberi tanda resolusi ini akan disahkan karena hanya butuh 50 suara untuk meloloskannya.

Resolusi ini disponsori oleh Senator dari partai Republik Mike Lee, senator independen Bernie Sanders dan Mitch McConnell sebagai pemimpin partai mayoritas. Sebagian besar senator dari Partai Republik mendukung Resolusi ini.

"Kami juga ingin mempertahankan kemitraan Amerika Serikat dan Arab Saudi yang sudah 70 tahun dan kami ingin memastikan kemitraan itu terus melayani kepentingan Amerika dan menstabilkan wilayah yang berbahaya dan kritis," kata McConell.

Para senator AS marah dengan pembunuhan Khashoggi dan tanggapan Gedung Putih atas pembunuhan itu. Beberapa senator dari partai Republik mendukung resolusi Yaman ini karena dapat dilihat sebagai peringatan kepada sekutu lama.

Senator-senator lainnya prihatin dengan perang Yaman yang tidak kunjung selesai. Kelompok advokasi hak asasi manusia mengatakan, perang tersebut telah menimbulkan krisis kemanusiaan dan menyasar warga sipil yang kebanyakan di antaranya anak-anak. Mereka tewas karena pengeboman yang tidak pandang bulu dan penyakit yang terus menyebar.

Senator AS ketua bidang hubungan luar negeri Bob Corker sedang mempersiapkan resolusi terpisah untuk mengutuk pembunuhan Khashoggi. McConnell mendesak senator lainnya mendukung langkah yang dilakukan Corker. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA