Selasa 18 Dec 2018 22:06 WIB

Pemain Sepak Bola India Palsukan Usia 12 Tahun Lebih Muda

Gourav Mukhi dilarang bermain selama enam bulan karena klaim umur palsu.

Red: Nur Aini
Sepak bola (ilustrasi)
Foto: www.imotion.com.br
Sepak bola (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA -- Seorang pria yang dinilai sebagai remaja sensasional di tim Liga Super India, diketahui memalsukan usianya. Ia bermain di tim Liga Super India, tempat gelandang Australia Tim Cahill bermain dan menjadi pencetak gol terbanyak di kompetisi itu.

Remaja bernama Gourav Mukhi itu ternyata bukan pemain berusia 16 tahun yang memecahkan rekor mencetak gol. Ia adalah veteran berusia 28 tahun dengan masa depan di dunia bola yang makin berkurang. Ia sekarang telah dilarang bermain selama enam bulan karena klaim umur palsu.

Pada bulan Oktober tahun ini, Mukhi mencetak gol yang membuat hasil imbang 2-2 antara klub Jamshedpur FC melawan Bengaluru FC yang membuat Cahill dan rekan tim lainnya begitu bersemangat. Mengingat kesalahannya, Mukhi kini dilarang bermain dan status pendaftaran klubnya ditarik karena gagal memberikan bukti untuk mendukung klaim asli atas usia Mukhi yang sebenarnya.

"Komite Disiplin AIFF menemukan pemain Gourav Mukhi bersalah atas dasar bukti yang diajukan olehnya, pengakuannya dan pernyataan Manajer Akademi U-16 AIFF pada tahun 2015," sebut pernyataan dari Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF).

"Komite Disiplin AIFF juga mengamati bahwa pendaftaran Gourav Mukhi yang ada, baik dalam Sistem Registrasi Pusat (CRS) maupun Sistem Manajemen Persaingan (CMS) harus dibatalkan dan dicabut dengan segera, dengan pilihan bagi pemain/klub-nya, untuk menyerahkan dokumen asli yang sah yang valid untuk pendaftaran baru di bawah CRS dan CMS. "

Jika dilihat secara seksama, ada sejumlah indikasi yang terungkap. Salah satunya dari tampilan kumis yang ia pertontonkan di sepanjang musim.

Di samping itu, dengan mengamati media sosialnya akan cukup untuk menimbulkan keraguan atas kebenaran klaim usia remajanya. Info pribadi di halaman Facebook-nya menyatakan ia "lahir pada tanggal 5 April 1999".

Dan bahkan dalam sebuah artikel, yang diterbitkan awal tahun, tentang perjalanan bintang ini dari awal karir hingga ke puncak permainan di media Telegraph of India menyebut "kisah tentang keuletan dan semangat kuat dari penyerang berusia 28 tahun".

Kegigihan yang jelas gagal diterapkan selama mengisi formulir resmi di luar musim tanding.

Simak berita ini dalam bahasa Inggris di sini.

sumber : http://www.abc.net.au/indonesian/2018-12-18/pemain-bola-asal-india-ini-palsukan-usinya-12-tahun-lebih-tua/10632966
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement